Dimas, Dimas (2023) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN DI KELAS V SD NEGERI 02 NANGA SUHAID TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1910061676_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061676_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1910061676_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061676_BAB 1.pdf
Download (315kB)
![[thumbnail of PBI_1910061676_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061676_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (390kB)
![[thumbnail of PBI_1910061676_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061676_BAB 3.pdf
Download (327kB)
![[thumbnail of PBI_1910061676_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061676_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (499kB)
![[thumbnail of PBI_1910061676_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061676_BAB 5.pdf
Download (187kB)
![[thumbnail of PBI_1910061676_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061676_LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dimas. 2023. Analisis Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Di Kelas V SD Negeri 02 Nanga Suhaid Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Andri M.Pd. Pembimbing II : Sirilus Sirhi, S.TP.,M.M. Kata kunci : strategi guru,pengelolaan kelas, pembelajaran dikelas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan strategi guru dalam pelaksanaan pengelolaan kelas yang cenderung masih menggunakan metode ceramah dengan porsi yang dominan. Selain itu dalam mengajar guru hanya diam di tempat duduk,
tempat duduk siswa disusun seperti pola berderet/baris berbanjar, sementara guru hanya mengontrol siswa melalui tempat duduknya. Hal tersebut menciptakan celah bagi siswa untuk sibuk sendiri atau bermain dengan teman disebelahnya. Alih-alih belajar, suasana dalam kelas menjadi tidak nyaman dan proses pembelajaran proses pembelajaran menjadi tidak efektif. Strategi guru sangat berpengaruh besar dalam pelaksanaan pengelolaan kelas agar pembelajaran dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk mendekripsikan strategi guru dalam pelaksanaan pengelolaan kelas pada pembelajaran di kelas V SD Negeri 02 Nanga Suhaid Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode penelitian
menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data menggunakan analisis data interaktif yaitu; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Strategi guru mengajar di dalam kelas mengindikasikan guru sudah membangun kerjasama dalam pembelajaran, guru sudah memberikan motivasi
belajar kepada siswa, guru mampu menciptakan iklim belajar yang kondusif, guru mampu menciptakan tantangan, guru menggunakan metode bervariasi, dan guru mampu menanamkan disiplin diri kepada siswa. Kesimpulan bahwa guru dalam pelaksanaan pengelolaan kelas mampu menciptakan strategi guru dalam
pelaksanaan pengelolaan kelas pada pembelajaran di kelas V SD Negeri 02 Nanga Suhaid Tahun Pelajaran 2023/2024. pada pembelajaran di kelas V SD Negeri 02 Nanga Suhaid Tahun Pelajaran 2023/2024. Saran bagi guru adalah pelaksanaan strategi secara konsisten dan mengacu pada perbikan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:19 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:19 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2285 |