ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELOMPOK B DI PAUD CAHAYA HARAPAN KECAMATAN KAYAN HILIR KABUPATEN SINTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Herlin, Marlina (2023) ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELOMPOK B DI PAUD CAHAYA HARAPAN KECAMATAN KAYAN HILIR KABUPATEN SINTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_190308066_COVER.pdf] Text
PBI_190308066_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_190308066_BAB 1.pdf] Text
PBI_190308066_BAB 1.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of PBI_190308066_BAB 2.pdf] Text
PBI_190308066_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[thumbnail of PBI_190308066_BAB 3.pdf] Text
PBI_190308066_BAB 3.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of PBI_190308066_BAB 4.pdf] Text
PBI_190308066_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[thumbnail of PBI_190308066_BAB 5.pdf] Text
PBI_190308066_BAB 5.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of PBI_190308066_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_190308066_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Herlin Marini. 2023, Analisis Kepercayaan Diri Siswa Kelompok B di PAUD Cahaya Harapan Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Yohanes Berhkmas Mulyadi, S.Fil., M.Psi., Pembimbing II: Sarayati, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Kepercayaan Diri, Siswa PAUD Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya sikap rasa percaya diri pada siswa kelompok B di PAUD Cahaya Harapan sehingga membuat anak menjadi pesimis, mudah menyerah, dan tidak berani berpendapat di depan kelas. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Rasa percaya diri pada siswa, 2) Faktor yang mempengaruhi rasa percaya diri, 3) Upaya yang dilakukan guru untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa. Subjek dalam penelitian ini 14 orang yang terdiri dari 13 orang siswa dan 1 orang guru. Metode penelitian menggunakan
pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Rasa percaya diri siswa kelompok B di PAUD Cahaya Harapan masih kurang seperti siswa kurang memiliki keyakinan terhadap kemampuannya, kurang berani berpendapat, kurang memiliki kemandirian, kurang memiliki ambisi yang sehat, kurang berani mencoba hal yang baru, dan
kurang merasa diterima. 2) Faktor yang mempengaruhi rasa percaya diri siswa kelompok B di PAUD Cahaya Harapan yaitu faktor internal seperti harga diri dan perasaan dibutuhkan, keberhasilan dalam pembelajaran, kondisi fisik seperti
perbedaan suku dan warna kulit, pengalaman berinteraksi. Sedangkan faktor eksternal yaitu orang tua yang bersikap adil, lingkungan sekolah, dan teman sebaya. 3) Upaya yang dilakukan guru untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa kelompok B di PAUD Cahaya Harapan yaitu dengan menggunakan metode
bercerita, pembelajaran kooperatif, melakukan kegiatan yang sesuai minat siswa, dan berusaha membangun pola pikir positif pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri siswa kelompok B di PAUD Cahaya Harapan Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang Tahun Pelajaran
2022/2023 masih rendah karena dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, sehingga guru terus berupaya untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:16
Last Modified: 21 Oct 2025 07:16
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2441

Actions (login required)

View Item
View Item