Vina, Vina (2022) NALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SD NEGERI 03 MENSIKU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
PBI_1708061435_COVER.pdf
Download (678kB)
PBI_1708061435_BAB 1.pdf
Download (201kB)
PBI_1708061435_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (285kB)
PBI_1708061435_BAB 3.pdf
Download (192kB)
PBI_1708061435_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (94kB)
PBI_1708061435_BAB 5.pdf
Download (301kB)
PBI_1708061435_BAB 6.pdf
Download (89kB)
PBI_1708061435_LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
VINA. 2022. “ Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendukung Efektivitas Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 03 Mensiku Tahun Pelajaran 2021/2022”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Adriana Gandasari, S.Pd. M.Pd, Pembimbing II: Eliana Yunitha Seran, M.Pd. Kata kunci: Peran Orang Tua, Siswa, Efektivitas Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya proses pembelajaran selama pandemi covid19 yang dilakukan di SD Negeri 03 Mensiku yaitu pembelajaran secara daring atau jarak jauh. Yang melibatkan peran orang tua dalam mendukung belajar siswa. Focus penelitian dalam penelitian ini adalah mengetahui peran orang tua dalam mendukung efektifitas belajar siswa, selama pembelajaran dalam jaringan
(daring) di SD Negeri 03 Mensiku Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dan bentuk penelitianya menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa dan 6 orang tua siswa. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
lembar angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kesulitan yang dialami guru selama menerapkan pembelajaran dalam jaringan (daring) yaitu: waktu yang digunakan selama pembelajaran terlalu singkat dan dengan materi yang banyak sehingga tidak tersampaikan dengan baik, siswa tidak
tidak memahami tugas yang diberikan oleh guru, orang tua dapat mengontrol perkembangan siswa dengan baik khususnya dikelas IV yang dimana siswa perlu mendapatkan perhatian khusus, dan tidak semua orang tua memperhatikan perkembangan belajar anak di rumah, siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru karena malas dan tidak ada perhatian dari orang tua di rumah,
adanya orang tua yang tidak mengontrol anaknya dengan baik, karena latar belakang pendidikan orang tua yang rendah dan lebih memilih untuk tetap bekerja dibandingkan membantu belajar anak di rumah.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Magang Santai jak |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:30 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 07:30 |
| URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2319 |

