ANALISIS RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 03 NYANGKOM PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Veronika, Veronika (2021) ANALISIS RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 03 NYANGKOM PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1607061303_COVER.pdf] Text
PBI_1607061303_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1607061303_BAB 1.pdf] Text
PBI_1607061303_BAB 1.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of PBI_1607061303_BAB 2.pdf] Text
PBI_1607061303_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[thumbnail of PBI_1607061303_BAB 3.pdf] Text
PBI_1607061303_BAB 3.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of PBI_1607061303_BAB 4.pdf] Text
PBI_1607061303_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
[thumbnail of PBI_1607061303_BAB 5.pdf] Text
PBI_1607061303_BAB 5.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of PBI_1607061303_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1607061303_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Veronika. 2021, Analisis Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 03 Nyangkom Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Imanuel Sairo Awang, S.Si., M.Pd. Pembimbing II: Muhammad Rian Subekti, M.Pd. Kata kunci : Motivasi Belajar, Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas V pada masa pandemi Covid-19, hal ini dilihat dari kegiatan pembelajaran ternyata siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran dan siswa sibuk sendiri dengan teman saat pembelajaran berlangsung, sehingga nilai-nilainya cenderung terus menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab rendahnya motivasi
belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Nyangkom pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan bentuk penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Snowball Sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan guru kelas V. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Berdasarkan perolehan hasil lembar observasi motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Nyangkom diperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 49%, termasuk dalam kategori “Rendah”. (2)
Penyebab rendahnya motivasi belajar yaitu karena jarang masuk (waktu belajar di sekolah tidak maksimal/terbatas). (3) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi masalah rendahnya motivasi belajar siswa yaitu dengan memberikan tugas mandiri dirumah dan harus ada bimbingan dari orang tua untuk membantu
anak belajar dirumah. Maka saran yang dapat peneliti berikan hendaknya guru menggunakan metode yang bervariasi dalam mengajar sesuai dengan situasi pada masa pandemi Covid-19 agar siswa tidak mudah jenuh, dan bagi siswa hendaknya lebih memusatkan perhatian pada saat guru menjelaskan didepan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:21
Last Modified: 22 Oct 2025 02:21
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2257

Actions (login required)

View Item
View Item