ANALISIS PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DALAM PENERAPAN METODE TANYA JAWAB PADA PEMBELAJARAN TEMA 8 SUB TEMA 2 KELAS III SD NEGERI 15 GEDABANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Mila, Mila (2022) ANALISIS PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DALAM PENERAPAN METODE TANYA JAWAB PADA PEMBELAJARAN TEMA 8 SUB TEMA 2 KELAS III SD NEGERI 15 GEDABANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061586_COVER.pdf] Text
PBI_1809061586_COVER.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of PBI_1809061586_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061586_BAB 1.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of PBI_1809061586_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061586_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[thumbnail of PBI_1809061586_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061586_BAB 3.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of PBI_1809061586_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061586_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[thumbnail of PBI_1809061586_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061586_BAB 5.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of PBI_1809061586_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061586_LAMPIRAN.pdf

Download (837kB)

Abstract

Mila. 2022,Analisis Pembentukan Karakter Siswa Dalam Penerapan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Tema 8 Sub Tema 2 Kelas III SD Negeri 15 Gedabang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dwi Cahyadi wibowo, M.Pd., Pembimbing II: Sirilus Sirhi, S.TP.,MM. Kata Kunci: Pembentukan, Karakter,Siswa,SD, Tanya Jawab. Penelitian ini dilatar belakangi dengan pembentukan karakter siswa Dalam Penerapan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Tema 8 Sub Tema 2 Kelas
III SDN 15 Gedabang. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah mengetahui karakter yang terbentuk dalam penerapkan metode tanya jawab khususnya di SD Negeri 15 Gedabang tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembentukan karakter siswa dalam penerapan
metode tanya jawab pada pembelajaran. Variabel penelitian terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas pembentukan karakter dan variabel terikat metode tanya jawab. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, dan bentuk penelitiannya menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas 3 dan siswa kelas 3 yang berjumlah 6 orang. Teknik dan
alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembentukan karakter siswa yaitu : dilakukan dengan cara melakukan persiapan, pada saat pembelajaran berlangsung, dan mengadakan evaluasi. karakter yang terbentuk menggunakan
metode tanya jawab yaitu: karakter jujur, toleransi, kerja sama, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab. Faktor yang mendukung sarana dan fasilitas yang memadai dan dorongan dari orang tua diharapkan mampu untuk guru menerapkan pembentukan karakter siswadalam penerapan metode tanya jawab.
Faktor yang menghambat berasal dari diri siswa sendiri, pengaruh teman sebaya, dan lingkungan sekitar. Upaya guru dalam menerapkan pembentukan karakter anak menggunakan metode tanya jawab yaitu peran guru sebagai sumber belajar,
peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai pengelolaan, dan peran guru sebagai teladan. kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah karakter yang terbentuk dengan penerapan metode tanya jawab pada pembelajaran tema 8 subtema 2 dapat diterapkan melalui penerapan pembentukan karakter siswa dalam
penerapan metode tanya jawab pada siswa kelas III SD Negeri 15 Gedabang Kecamatan Silat Hulu Kabupaten Kapuas Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:30
Last Modified: 22 Oct 2025 02:30
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2177

Actions (login required)

View Item
View Item