EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENILAIAN DALAM BENTUK PENILAIAN PORTOFOLIO SEBAGAI METODE EVALUASI PEMBELAJARAN KELAS IV DI SDN 03 RANYAI HILIR

Magdalena, Sahitha (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENILAIAN DALAM BENTUK PENILAIAN PORTOFOLIO SEBAGAI METODE EVALUASI PEMBELAJARAN KELAS IV DI SDN 03 RANYAI HILIR. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of PGSD_2011061767_Tittle.pdf] Text
PGSD_2011061767_Tittle.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of PGSD_2011061767_Chapter 1.pdf] Text
PGSD_2011061767_Chapter 1.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of PGSD_2011061767_Chapter 2.pdf] Text
PGSD_2011061767_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[thumbnail of PGSD_2011061767_Chapter 3.pdf] Text
PGSD_2011061767_Chapter 3.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of PGSD_2011061767_Chapter 4.pdf] Text
PGSD_2011061767_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[thumbnail of PGSD_2011061767_Chapter 5.pdf] Text
PGSD_2011061767_Chapter 5.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of PGSD_2011061767_Appendix.pdf] Text
PGSD_2011061767_Appendix.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PGSD_2011061767_BAS_TA.pdf] Text
PGSD_2011061767_BAS_TA.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of PGSD_2011061767_BAU_TA.pdf] Text
PGSD_2011061767_BAU_TA.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of PGSD_2011061767_SKS_TA.pdf] Text
PGSD_2011061767_SKS_TA.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of PGSD_2011061767_US_TA.pdf] Text
PGSD_2011061767_US_TA.pdf

Download (215kB)

Abstract

Magdalena Sahitha Dampi, 2024, Efektivitas Penggunaan Penilaian Dalam Bentuk Penilaian Portofolio Sebagai Metode Evaluasi Pembelajaran Kelas IV Di SDN 03 Ranyai Hilir. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Hendrikus Julung, M.Pd Pembimbing II: Avelius Dominggus Sore, S.E., M.Pd.

Kata Kunci:Efektivitas, Penilaian, Portofolio, Evaluasi Pembelajaran

Penilaian portofoio sudah sejak lama diterapkan tetapi penilaian portofolio belum efektif sebagai metode evaluasi pembelajaran di kelas IV SD. Penilaian portofolio belum efektif dikelas IV SD karena siswa kurang menyimak penjelasan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pelaksanaan penggunaan penilaian portofolio sebagai metode evaluasi pembelajaran kelas IV di SDN 03 Ranyai Hilir. 2) Kendala dalam penggunaan penilaian portofolio sebagai metode evaluasi pembelajaran kelas IV di SDN 03 Ranyai Hilir. 3) Upaya dalam mengatasi kendala penggunaan penilaian portofolio sebagai metode evaluasi pembelajaran kelas IV di SDN 03 Ranyai Hilir.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif.Subjek penelitian berjumlah 11 orang terdiri dari 1 wali kelas dan 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah interactive model dari Milles Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pada tahap pelaksanaan ini guru mulai mengkomunikasikan kepada siswa terkait akan digunakannya penilaian portofolio, dengan mengumumkan tujuan dan fokus pembelajaran yaitu perkembangan aspek pemahaman peserta didik, capaian dalam beberapa topik, beragam keterampilan dan bakat, rangkuman suatu kegiatan, dan keterampilan dan kemampuan. 2) Kendala dari keterbatasan waktu dan siswa menjadi kendala yang mendominasi atau kendala yang sering ditemui oleh guru seperti penggunaan kalimat, penggunaan tanda baca yang masih salah, kesulitan untuk mengerjakan tugas, siswa mengerjakan tugas tanpa memperdulikan hasil akhir, dan pembelajaran yang kurang kondusif. guru sudah mampu memberikan pemahaman mengatasi kendala. Berdasarkan penelitian di SDN 03 Ranyai Hilir yang masih menjadi kendala dalam mengerjakan portofolio seperti penggunaan tanda baca yang masih salah, karena terdapat beberapa siswa yang masih keliru dalam meletakkan tanda koma dan tanda titik 3) Upaya yang dilakukan oleh guru disesuaikan dengan kendala yang dialami seperti mempersiapkan waktu tambahan, pendekatan kepada siswa, memberikan motivasi, bimbingan pada saat pembelajaran berlangsung, dan memberikan arahan. Hal tersebut menunjukan bahwa guru telah mampu menunjukan kemampuannya dalam mengelola kelas dengan baik, baik dalam mengkondisikan, menemukana solusi yang tepat, dan cepat sehingga kendala yang muncul dalam pembelajaran dapat segera diatasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penilaian portofolio belum efektif sebagai metode evaluasi pembelajaran dikelas IV SD Ranyai Hilir. Harapan dalam penilaian portofolio sebagai metode evaluasi pembelajaran adalah memantau perkembangan siswa dan mendorong refleksi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magdalena Sahitha Dampi
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:19
Last Modified: 09 Sep 2025 07:19
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1518

Actions (login required)

View Item
View Item