Yusta Yulia, Triaristy (2023) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELOMPOK A DI TK CINTA KASIH SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
PBI_190308096_COVER.pdf
Download (1MB)
PBI_190308096_BAB 1.pdf
Download (188kB)
PBI_190308096_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (209kB)
PBI_190308096_BAB 3.pdf
Download (203kB)
PBI_190308096_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (553kB)
PBI_190308096_BAB 5.pdf
Download (103kB)
PBI_190308096_LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Yusta Yulia Triaristy. 2023, Kompetensi Pedagogik Guru Kelompok A Di TK Cinta Kasih Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Suryameng, M.Pd, Pembimbing II: Fransiska, S.Psi.,M.Pd. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru Kelompok A Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kompetensi pedagogik guru kelompok A di TK Cinta Kasih Sintang tahun pelajaran 2023/2024, 2) faktor
penghambat dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru kelompok A di TK Cinta Kasih Sintang tahun pelajaran 2023/2024), 3) upaya guru kelompok A TK Cinta Kasih Sintang tahun pelajaran 2023/2024 dalam mengembangkan kompetensi pedagogik. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari 1
orang guru kelompok A, 3 orang siswa kelompok A dan 1 orang kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
interactive Model dari Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru kelompok A TK Cinta Kasih Sintang tahun pelajaran 2023/2024 yang sudah muncul yaitu menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, dan intelektual, menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasi berbagai potensi yang dimiliki dan berkomunikasi secara efektif,
empatik, dan santun dengan peserta didik, 2) faktor penghambat dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru kelompok A TK Cinta Kasih Sintang tahun pelajaran 2023/2024 yang muncul yaitu latar belakang pendidikan guru yang bukan sarjana PAUD, 3) upaya guru kelompok A TK Cinta Kasih Sintang tahun pelajaran 2023/2024 dalam mengembangkan kompetensi pedagogik yaitu
bergabung dalam organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan IGTKI.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Magang Santai jak |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:08 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 07:08 |
| URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2499 |

