Marsia, Susia (2022) ANALISIS PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KELAS B PAUD DHARMA PERTIWI BELONSAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
PBI_180208036_COVER.pdf
Download (589kB)
PBI_180208036_BAB 1.pdf
Download (144kB)
PBI_180208036_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (360kB)
PBI_180208036_BAB 3.pdf
Download (327kB)
PBI_180208036_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (585kB)
PBI_180208036_BAB 5.pdf
Download (189kB)
PBI_180208036_LAMPIRAN.pdf
Download (508kB)
Abstract
Marsia Susia. 2022. Analisis Perkembangan Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kelas B PAUD Dharma Pertiwi Belonsat Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi S-1. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Adpriyadi, M.Pd Pembimbing II: Yohanes Berkhmas Mulyadi, S,Fil.,M.Psi. Kata Kunci: Perkembangan Nilai Agama dan Moral, Anak Usia Dini Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan nilai agama dan moral
pada anak usia 5-6 tahun. Peneliti menggunakan metode kualitatif bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara wawancara terstruktur, ob- servasi partisipasi pasif dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar
observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif menurut Milles & Huberman: mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan vertifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) perkembangan
nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun : anak sudah bisa menyebutkan agama yang dianut, sudah bisa mengetahui hari besar agamanya, sudah bisa menghormati (toleransi) agama orang lain, sudah bisa berprilaku jujur, penolong, mengenal baik dan buruk dan sudah bisa melakukan hal yang boleh dan tidak
boleh, serta sudah bisa melakukan hal yang benar dan tidak benar. 2) Faktorfaktor yang mempengaruhi perkembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun yaitu pendidikan agama dan moral yang kurang, keadaan ekonomi dan sosial yang kurang, kesadaran
dan adanya bimbingan serta motivasi. 3) Upaya yang dilakukan
guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada anak
usia 5-6 tahun di kelas B dengan mengunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode perhatian dan pengawasan, metode hadiah dan hukuman, metode nasehat
dan metode cerita. Guru mengembangkan nilai agama dan moral anak di sekolah melalui membiasakan hidup jujur, menghargai agama, menghadirkan cerita yang berhubungan dengan nilai agama dan moral.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Magang Santai jak |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:16 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 07:16 |
| URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2460 |

