UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA TEMA 9 SUBTEMA 3 DI KELAS V SD NEGERI 30 BANCOH TAHUN PELAJARAN 2022

Yunita Chartika, Putri (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA TEMA 9 SUBTEMA 3 DI KELAS V SD NEGERI 30 BANCOH TAHUN PELAJARAN 2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061521_COVER.pdf] Text
PBI_1809061521_COVER.pdf

Download (593kB)
[thumbnail of PBI_1809061521_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061521_BAB 1.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of PBI_1809061521_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061521_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[thumbnail of PBI_1809061521_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061521_BAB 3.pdf

Download (511kB)
[thumbnail of PBI_1809061521_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061521_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[thumbnail of PBI_1809061521_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061521_BAB 5.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of PBI_1809061521_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061521_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Yunita Chartika Putri, 2022. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Tema 9 subtema 3 di Kelas V SD Negeri 30 Bancoh Tahun Pelajaran 2022. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Lusila Parida. M.Pd. Pembimbing II: Fusnika. M.Pd.
Kata Kunci : Jigsaw, Hasil Belajar Penelitan ini di latarabelakagi oleh siswa kelas V SDNegeri 30 Bancoh yang mengalami kesulitan berkonsentrasi dalam memahami materi pelajaran, mudah bosan pada pembelajaran, kesulitan memahami materi pelajaran, interaksi belajar siswa yang bersifat satu arah yang mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Dari permasalahan tersebut peneliti bermaksud menggunakan model pembelajaran tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 9 subtema 3 di kelas V SDN 30 Bancoh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan PTK. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa pada tema 9 subtema 3 di kelas V SDN 30 Bancoh sudah baik. Presentase aktivitas pembelajaran guru pada siklus I 88.4% dan mengalami peningkatan menjadi 100% dan aktivitas siswa di siklus II 100%. Hasil belajar siswa mengalami
peningkatan, terlihat dari total rata-rata nilai siswa pada kelas V pada mata pelajaran PPkn siklus I yaitu 65% dengan nilai klasikal 60 terdapat 12 siswa tuntas dan 8 siswa tidak tuntas dengan KKM 65. Kemudian presentase hasil belajar siswa meningkat pada
siklus II dengan nilai rata-rata 77% nilai klasikal 95 terdapat 19 siswa tuntas dan 1 siswa yang tidak tuntas. Saran peneliti, dalam proses pembelajaran kooperaktif tipe jigsaw harus benar-benar membimbing siswa dan siswa diharapkan mampu aktif dalam kegiatan pembelajaran, dengan terlihat aktif tentu akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:29
Last Modified: 21 Oct 2025 07:29
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2330

Actions (login required)

View Item
View Item