ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 23 MENYUMBUNG SINTANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Yanti Triyuni, Sari (2022) ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 23 MENYUMBUNG SINTANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1708061371_COVER.pdf] Text
PBI_1708061371_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1708061371_BAB 1.pdf] Text
PBI_1708061371_BAB 1.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of PBI_1708061371_BAB 2.pdf] Text
PBI_1708061371_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[thumbnail of PBI_1708061371_BAB 3.pdf] Text
PBI_1708061371_BAB 3.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of PBI_1708061371_BAB 4.pdf] Text
PBI_1708061371_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[thumbnail of PBI_1708061371_BAB 5.pdf] Text
PBI_1708061371_BAB 5.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of PBI_1708061371_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1708061371_LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Yanti Triyuni Sari, 2023, Analisis Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 23 Menyumbung Sintang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1: Ursula Dwi Oktaviani,M.Pd, Pembimbing II: Evensius Dimas Hendro Riberu,M.Pd. Kata kunci: Keaktifan Belajar Siswa, pembelajaran, Bahasa indonesia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas V SDN 23 Menyumbung Sintang yang mengalami hambatan dalam meningkatkan keaktifan belajar dikelas. terdapat beberapa peserta didik yang tidak mau berpartisipasi pada saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran
Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 23 Menyumbung Sintang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran
Bahasa indonesia kelas V SD Negeri 23 Menyumbung Sintang sudah baik, hal ini dibuktikan dari hasil lembar observasi siswa dengan tingkat keaktifan 72%. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi keaktifan siswa yaitu, yang berasal dari
dalam diri siswa yang mana terdapat siswa yang cenderung malas dan tidak mau ikut berpartisipasi selama proses pembelajaran, sedangkan faktor eksternalnya adalah lingkungan sekolah, seperti ruang kelas, media dan sumber belajar. Adapun hambatan
dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri 23 Menyumbung Sintang, yaitu terdapat beberapa anak yang belum lancar membaca serta keadaan didalam kelas yang tidak kondusif sehingga membuat guru mengalami kesulitan dalam meningkatkan
keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:30
Last Modified: 21 Oct 2025 07:30
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2323

Actions (login required)

View Item
View Item