PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA TEMA 6 SUB TEMA I KELAS IV SDN 12 MERAHAU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Vincensius, Hendra (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA TEMA 6 SUB TEMA I KELAS IV SDN 12 MERAHAU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061599_COVER.pdf] Text
PBI_1809061599_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1809061599_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061599_BAB 1.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of PBI_1809061599_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061599_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[thumbnail of PBI_1809061599_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061599_BAB 3.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of PBI_1809061599_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061599_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[thumbnail of PBI_1809061599_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061599_BAB 5.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of PBI_1809061599_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061599_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Vincensius Hendra. 2022. Peningkatan hasil helajar Siswa dengan menggunakan model discovery learning tema 6 Sub Tema 1 Kelas IV SDN 12 Merahau tahun pelajaran 2021/2022.. Pembimbing I: Lusila Parida, M. Pd., Pembimbing II: Mardawani, M.Pd Kata kunci: Hasil Belajar dan Model Discovery Learning Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar menggunakan model discovery learning tema 6 sub tema I Kelas IV SDN 12 Merahau tahun pelajaran 2021/2022. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas, (Classroom Action Research). Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar pada tema 6 sub tema 1 kelas IV SDN 12 Merahau (1) Penerapan model discovey learning pada pada tema 6 sub tema 1 kelas IV SDN 12 Merahau tahun 2021/2022 berlangsung dengan baik berdasarkan pada observasi guru dan
siswa, hasil observasi guru dapat di lihat pada hasil penelitian, terjadi peningkatan yang signifikan, tahap observasi guru, dari 88,2% menjadi 94,1%, sedangankan pada observasi aktivitas siswa didalam belajar dari 88,2% menjadi 94,1%, hal itu learning mengalami peningkatan yang signifikan dengan kategori sangat baik.
(2) Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 65,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 53,3%, sedangkan hasil belajar pada siklus II dengan rata-rata 76,3 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,6%, terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua yaitu sebesar 33,3%. (3) Respon yang sangat baik terhadap penggunaan model Discovey Learning pada tema 6 sub tema 1 kelas IV SDN 12 Merahau tahun 2021/2022, respon siswa terlihat pada hasil dari wawancara langsung. Kesimpulan penelitian ini (1) Penerapan model discovey learning pada pada tema 6 sub tema 1 kelas IV SDN 12 Merahau tahun 2021/2022, pelaksanaan proses pembelajaran dengan model discovery learning,
menunjukkan bahwa dilaksanakan dengan sangat baik oleh guru. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 65,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 53,3%, sedangkan hasil belajar pada siklus II dengan rata-rata 76,3 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,6%. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua yaitu sebesar 33,3%. (3) Respon yang sangat
baik terhadap penggunaan model Discovey Learning pada tema 6 sub tema 1 kelas IV SDN 12 Merahau tahun 2021/2022, yang mana respon siswa terlihat pada hasil dari wawancara langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:30
Last Modified: 21 Oct 2025 07:30
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2320

Actions (login required)

View Item
View Item