ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 02 NOBAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Vera Putri, Utami (2022) ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 02 NOBAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1607061180_COVER.pdf] Text
PBI_1607061180_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1607061180_BAB 1.pdf] Text
PBI_1607061180_BAB 1.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of PBI_1607061180_BAB 2.pdf] Text
PBI_1607061180_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[thumbnail of PBI_1607061180_BAB 3.pdf] Text
PBI_1607061180_BAB 3.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of PBI_1607061180_BAB 4.pdf] Text
PBI_1607061180_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[thumbnail of PBI_1607061180_BAB 5.pdf] Text
PBI_1607061180_BAB 5.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of PBI_1607061180_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1607061180_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Vera Putri Utami. 2022. Analisis Kemampuan Guru dalam Merancang
Pedagogical Content Knowledge (PCK)Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar Negeri 02 Nobal Tahun Pelajaran 2021/2022, Skripsi, program studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Nelly Wedyawati, S. Si.,M.Pd Pembimbing II: Yasinta Lisa, S. Si., M.Cs Kata Kunci : Kemampuan Guru, Pedagogical Content Knowledge (PCK), Pembelajaran Tematik. Guru merupakan sosok yang memegang peran utama dalam menentukan keberhasilan peserta didik untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Pedagogical content knowledge merupakan perpaduan antara pemahaman materi ajar (konten knowledge) dan pemahaman cara mendidik (pedagogical knowledge) yang perlu dimiliki oleh seorang pengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kemampuan pedagogical content knowledgeguru dalam pembelajaran; 2) faktor yang mempengaruhi kemampuan PCK guru; serta 3) upaya yang dilakukan untuk pengembangan kemampuan PCK pada pembelajaran tematik. Subjek penelitian adalah ini terdiri dari 1 orang guru kelas, 3 orang siswa dan Kepala Sekolah SDN
02 Nobal. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan bentuk deskriptif.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)Rata-rata persentasi masingmasing dari kesembilan indikator RPP yaitu, 1) rumusan tujuan 93%, 2) pemilihan konsep 90%, 3) nilai pentingnya konsep bagi siswa 80%, 4) keluasan dan kedalaman materi 50%, 5) memprediksi kesalahan konsep 83%, 6) pertimbangan mengajar 100%, 7) strategi mengajar 91%, 8) pengorganisasian materi 91%, 9) pengukuran kemampuan siswa 91%. Bahwa dari kesembilan
indikator kemampuan guru dalam merancang pedagogical content knowledge 8 indikator terlihat memiliki pemahaman yang sangat baik, akan tetapi pada indikator keluasan dan kedalaman materi terlihat bahwa kemampuan guru masih dalam kategori sedang.Faktor pendukungmemperkuat PCK guru yaitu pedagogical knowledge dan content knowledge yang berkembang setiap waktu
dari pengalaman sehingga menghasilkan guru profesional. Faktor penghambat guru yaitu guru tidak mampu merangkumkan materi dari berbagai sumber satu kesatuan konsep yang dapat dipahami. Upaya guru kelas mengatasi faktor penghambat dalam merancang pedagogical content knowledge pada pembelajaran tematik adalah guru harus memahami keluasan dan kedalaman materi.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam merancang pedagogical content knowedge pada pembelajaran tematik termasuk sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:31
Last Modified: 21 Oct 2025 07:31
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2317

Actions (login required)

View Item
View Item