Varani, Minarti (2022) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 1SUBTEMA 2 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA MANUSIA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IIIA SDN 01 KENUKUT TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1809061554_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061554_COVER.pdf
Download (568kB)
![[thumbnail of PBI_1809061554_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061554_BAB 1.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of PBI_1809061554_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061554_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (201kB)
![[thumbnail of PBI_1809061554_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061554_BAB 3.pdf
Download (155kB)
![[thumbnail of PBI_1809061554_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061554_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (295kB)
![[thumbnail of PBI_1809061554_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061554_BAB 5.pdf
Download (51kB)
![[thumbnail of PBI_1809061554_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061554_LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Varani Minarti. 1809061554. Penerapan model contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar tema 1 pertumbuhan dan perkembangan mahkluk hidup Subtema 2 pertumbuhan dan perkembangan pada manusia pembelajaran tematik Kelas IIIA SDN 01 Kenukut Tahun Pelajaran 2022/2023.
Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Imanuel Sairo Awang S.Si, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Hilarius Jago Duda, S. Si, M. Pd. Kata Kunci: Hasil belajar, contextual teaching and learning (CTL) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN 01 Kenukut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
peningkatan hasil belajar siswa kelas IIIA SDN 01 Kenukut setelah diterapkan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan dan bentuk penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik komunikasi tidak langsung, teknik pengukuran atau tes. Alat
pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal tes, lembar wawancara, angket. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada siklus I dengan rata-rata 56,73. Sedangkan nilai rata-rata di siklus II Meningkat sebesar 13,27 menjadi 70 berdasarkan data hasil observasi aktivitas
siswa diperoleh hasil dengan katagori baik pada siklus II dan ketuntasan klasikal mengalami peningkatan sebesar 39,13% dari siklus I sebesar 47,82 menjadi 86,95% dengan katagori sangat baik pada siklus II. Berdasarkan paparan data temuan penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 1 pertumbuhan dan perkembangan mahkluk hidup subtema 2 pertumbuhan dan perkembangan pada manusia Kelas IIIA SD Negeri 01 Kenukut Tahun Pelajaran
2022/2023.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:31 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 07:31 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2316 |