PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SOSIAL DAN HASIL BELAJAR TEMA 7 SUBTEMA 3 PERISTIWA MENGISI KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SD NEGERI 16 NG.NYAWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Tripauni Monikes, Sales (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SOSIAL DAN HASIL BELAJAR TEMA 7 SUBTEMA 3 PERISTIWA MENGISI KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SD NEGERI 16 NG.NYAWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_180906473_COVER.pdf] Text
PBI_180906473_COVER.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of PBI_180906473_BAB 1.pdf] Text
PBI_180906473_BAB 1.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of PBI_180906473_BAB 2.pdf] Text
PBI_180906473_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[thumbnail of PBI_180906473_BAB 3.pdf] Text
PBI_180906473_BAB 3.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of PBI_180906473_BAB 4.pdf] Text
PBI_180906473_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[thumbnail of PBI_180906473_BAB 5.pdf] Text
PBI_180906473_BAB 5.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of PBI_180906473_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_180906473_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sales, Tripauni Monika. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking untuk Meningkatkan Partisipasi Sosial dan Hasil Belajar Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Siswa Kelas V SD Negeri 16 Ng. Nyawa Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Eliana Yunitha Seran, M.Pd., Pembimbing II: Dessy Triana Relita, M.Pd. Kata Kunci: Guided Note Taking, Partisipasi Sosial, Hasil Belajar, Siswa SD Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui penerapan model Guided Note Taking dalam meningkatkan keterampilan partisipasi social siswa V SD Negeri 16 Ng. Nyawa, 2) mengetahui peningkatkan hasil siswa kelas V pada tema 7 subtema
3 peristiwa mengisi kemerdekaan menggunakan model Guided Note Taking, 3) mengetahui respon siswa kelas V SD Negeri 16 Ng. Nyawa terhadap penerapan model Guided Note Taking. Penelitian ini dilakukan karena kurangnya partisipasi social siswa, nilai siswa masih rendah, dan guru masih menggunakan model pembelajaran tradisional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam
bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa V SD Negeri 16 Ng. Nyawa dengan jumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pengukuran, komunikasi tidak langsung, dan dokumentasi. Alat pengumpul data menggunakan menggunakan lembar observasi, lembar tes,
lembar angket, dan lembar dokumen. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) penerapan model Guided Note Taking terhadap keterampilan partisipasi social siswa pada siklus I diperoleh persentase76,60% (baik) sedangkan siklus II 91,81% (sangat baik) sehingga terjadi peningkatan sebesar 15,21%; 2) peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Guided Note
Taking diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 75 dan siklus II 90,55 sehingga terjadi peningkatan 15,55. Ketuntasan klasikal siklus I sebesar 66,66% dan ketuntasan klasikal siklus II sebesar 88,88% sehingga terjadi peningkatan sebesar 22,22%; 3) hasil angket respon siswa diperoleh persentase rata-rata 93,83% (sangat baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan partisipasi social dan hasil
belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:31
Last Modified: 21 Oct 2025 07:31
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2310

Actions (login required)

View Item
View Item