Theresia Edeliana, Linda (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA TEMA 8 SUB TEMA 4 DI KELAS III SDN 29 NENAK TEMBULAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
PBI_1809061516_COVER.pdf
Download (510kB)
PBI_1809061516_BAB 1.pdf
Download (196kB)
PBI_1809061516_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (228kB)
PBI_1809061516_BAB 3.pdf
Download (350kB)
PBI_1809061516_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (378kB)
PBI_1809061516_BAB 5.pdf
Download (100kB)
PBI_1809061516_LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Theresia Edeliana Linda, 2022. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Scramble Pada Tema 8 Subtema 4 di Kelas III SDN 29 Nenak Tembulan. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Lusila Parida, M.Pd, Pembimbing II: Fusnika, M.Pd. Kata Kunci : Scramble, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas III SDN 29 Nenak Tembulan yang mengalami kesulitan berkonsentrasi dalam memahami materi pelajaran, mudah bosan pada pembelajaran, kesulitan memahami materi pelajaran, interaksi belajar
siswa yang bersifat satu arah yang mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Dari permasalahan tersebut peneliti bermaksud menggunakan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran scramble dapat
meningkatkan hasil belajar siswa Pada Tema 8 Subtema 4 di kelas III SDN 29 Nenak Tembulan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran scramble pada tema 8 subtema 4 di kelas III SDN 29 Nenak Tembulan sudah baik persentase aktivitas pembelajaran guru pada siklus I 83% dan mengalami peningkatan menjadi 100% dan aktivitas siswa di siklus II sudah mencapai 100%. hasil belajar siswa mengalami peningkatan, terlihat dari total rata-rata nilai siswa pada siklus I yaitu 68,75% dengan nilai klasikal 65 terdapat 13 siswa tuntas dan 7 siswa yang tidak tuntas dengan KKM 70. Kemudian persentase hasil belajar siswa meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 90%, nilai klasikal 95 terdapat 19 siswa tuntas dan 1 siswa yang tidak tuntas. Saran peneliti, dalam proses pembelajaran Scramble harus benar-benar membimbing siswa dan siswa diharapkan mampu aktif dalam kegiatan pembelajaran, dengan terlibat aktif tentu akan meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Magang Santai jak |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:30 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 07:30 |
| URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2306 |

