ANALISIS KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS V SD NEGERI 06 DEDAI TAHUN AJARAN 2022/2023

Helena Nani, Sulandari (2023) ANALISIS KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS V SD NEGERI 06 DEDAI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1910061721_COVER.pdf] Text
PBI_1910061721_COVER.pdf

Download (802kB)
[thumbnail of PBI_1910061721_BAB 1.pdf] Text
PBI_1910061721_BAB 1.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of PBI_1910061721_BAB 2.pdf] Text
PBI_1910061721_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[thumbnail of PBI_1910061721_BAB 3.pdf] Text
PBI_1910061721_BAB 3.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of PBI_1910061721_BAB 4.pdf] Text
PBI_1910061721_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[thumbnail of PBI_1910061721_BAB 5.pdf] Text
PBI_1910061721_BAB 5.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of PBI_1910061721_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1910061721_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Helena Nani Sulandari. 2023. Analisis Kecerdasan Emosional Siswa Dalam Proses Pembelajaran di Kelas V SD Negeri 06 Dedai Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Lusila Parida, M.Pd., Pembimbing II: Muhammad Rian Subekti, M.Pd., AIFO-P
Kata kunci : Kecerdasan Emosional Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang belum mampu untuk mengenal emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenal emosi teman
dan membina hubungan dengan teman diwaktu yang tepat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kecerdasan emosional pada siswa kelas V SD Negeri 06 Dedai Tahun Pelajaran 2022/2023. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 18 orang siswa dan guru kelas. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian diperoleh: 1) Rata-rata kecerdasan emosional siswa dalam proses pembelajaran siswa dalam kategori cukup baik. 2) Kecerdasan emosional siswa yang mempengaruhi, yaitu faktor pendukung adalah faktor lingkungan, sedangkan faktor penghambat adalah
kurangnya kemampuan motivasi kepada diri sendiri. Kecerdasan emosional yang dimiliki siswa berbedabeda. Hal ini ditunjukan dengan amarah yang tidak terkendali seperti, berkelahi, sikap acuh, aktif namun kurang bisa beradaptasi dengan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:17
Last Modified: 22 Oct 2025 02:17
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2302

Actions (login required)

View Item
View Item