ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS V SDN 29 NENAK TEMBULAN DALAM MENYELESAIKAN OPEN–ENDED PROBLEM TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Albertha Novita, Alang (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS V SDN 29 NENAK TEMBULAN DALAM MENYELESAIKAN OPEN–ENDED PROBLEM TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1910061601_COVER.pdf] Text
PBI_1910061601_COVER.pdf

Download (649kB)
[thumbnail of PBI_1910061601_BAB 1.pdf] Text
PBI_1910061601_BAB 1.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of PBI_1910061601_BAB 2.pdf] Text
PBI_1910061601_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[thumbnail of PBI_1910061601_BAB 3.pdf] Text
PBI_1910061601_BAB 3.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of PBI_1910061601_BAB 4.pdf] Text
PBI_1910061601_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[thumbnail of PBI_1910061601_BAB 5.pdf] Text
PBI_1910061601_BAB 5.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of PBI_1910061601_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1910061601_LAMPIRAN.pdf

Download (895kB)

Abstract

Albertha Novita Alang. 2023, Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas V SDN 29 Nenak Tembulan dalam menyelesaikan open-ended problem Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1: Warkintin, M.Pd., Pembimbing II: Olenggius Jiran Dores, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir kreatif matematis, Open-ended Problem Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas V SDN 29 Nenak Tembulan dalam menyelesaikan open-ended problem Tahun Pelajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VA SDN 29 Nenak Tembulan
tahun pelajaran 2023/2024 dalam menyelesaikan Open-Ended Problem. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas VA yang bejumlah 28 siswa dan guru kelas VA. Alat pengumpulan data menggunakan soal tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Secara keseluruhan hasil penelitian kemampuan berpikir kreatif
matematis siswa kelas VA SDN 29 Nenak Tembulan sebesar 22,64% kategori sangat kurang, indikator fluency sebesar 37,8%, indikator flexibility sebesar 37,8%, dan indikator originality sebesar 12,53%. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yaitu faktor dorongan, sarana, lingkungan, mendidik anak, pengetahuan, kurang menguasai konsep materi pecahan, kurangnya pemahaman siswa tentang pecahan, serta pengelolaan kelas belum optimal. 3) Upaya yang dilakukan adalah dengan cara
pendekatan individu dengan memberikan motivasi kepada siswa, penggunaan media pembelajaran kreatif dan inovatif, membiasakan siswa menyelesaikan soal open-ended, dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:20
Last Modified: 22 Oct 2025 02:20
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2275

Actions (login required)

View Item
View Item