Yuli Sahima, Hijriah (2021) ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 3 EMPURA KECAMATAN KETUNGAU HULU TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1708061438_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061438_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1708061438_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061438_BAB 1.pdf
Download (358kB)
![[thumbnail of PBI_1708061438_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061438_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (500kB)
![[thumbnail of PBI_1708061438_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061438_BAB 3.pdf
Download (464kB)
![[thumbnail of PBI_1708061438_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061438_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (402kB)
![[thumbnail of PBI_1708061438_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061438_BAB 5.pdf
Download (334kB)
![[thumbnail of PBI_1708061438_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061438_LAMPIRAN.pdf
Download (4MB)
Abstract
Yuli Sahima Hijriah. 2021, “Analisis Hasil Belajar Siswa Menggunakan
Pembelajaran Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Empura Tahun Pelajaran 2020/2021”. Tugas Akhir. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dwi Cahyadi Wibowo, M.Pd., Pembimbing II: Sirilus Sirhi, S.TP., MM. Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Luring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran luring pada masa pandemi covid-19 di kelas IV. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran
luring pada masa pandemi covid-19 di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Empura (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran luring pada masa pandemi covid-19 di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Empura (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi faktor penghambat pada pembelajaran luring pada masa pandemi
covid-19 di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Empura. Narasumber yang diguakan dalam penelitian ini adalah guru wali kelas IV dan hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif metode yang digunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama hasil belajar kognitif siswa di Sekolah Dasar Negeri 3 Empura melalui
nilai ulangan siswa dengan perolehan skor total keseluruhan siswa 698 dengan rata-rata 43,62. Dari skor keselruhan tersebut terdapat 4 orang siswa yang tuntas dan 12 orang siswa yang tidak tuntas, dengan perolehan hasil belajar yakni 25% ketuntasan klasikal berdasarkan perolehan hasil belajar kognitif siswa selama
pembelajaran luring yang terdiri dari 16 orang siswa, dengan perolehan kriteria ketuntasan klasikal dengan kategori “ sangat kurang”. Kedua faktor penghambat yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Empura
yaitu faktor dari diri siswa, faktor keluarga, dan faktor sekolah. Ketiga, upaya yang dilakukan guru yaitu guru menjelaskan berulang kali secara detail ketika siswa tidak memahami apa yang disampaikan oleh guru, menggunakan media yang menarik, memberikan tugas kepada siswa ketika nilai tidak mencapai kriteria
ketuntasan minimal (KKM), dan memberikan bimbingan serta motivasi kepada siswa agar lebih semangat dalam belajar. Kesimpulan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran luring pada masa pandemi covid-19 di kelas IV dikategorikan masih sangat kurang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:20 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:20 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2268 |