PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI SISWA KELAS V SD NEGERI 14 MENGKURAI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Ulan Sari, Sentia (2021) PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI SISWA KELAS V SD NEGERI 14 MENGKURAI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1708061335_COVER.pdf] Text
PBI_1708061335_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1708061335_BAB 1.pdf] Text
PBI_1708061335_BAB 1.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of PBI_1708061335_BAB 2.pdf] Text
PBI_1708061335_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[thumbnail of PBI_1708061335_BAB 3.pdf] Text
PBI_1708061335_BAB 3.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of PBI_1708061335_BAB 4.pdf] Text
PBI_1708061335_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[thumbnail of PBI_1708061335_BAB 5.pdf] Text
PBI_1708061335_BAB 5.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of PBI_1708061335_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1708061335_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ulan Sari Sentia, 2021, Pengaruh Penggunaan Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi siswa Kelas V Sekolah Dasar 14 Mengkurai. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Adriana Gandasari, S.Pd. M.Pd, Pembimbing II. Imanuel Sairo Awang, S. SI.,M.Pd. Kata Kunci : Smartphone Media Pembelajaran, Motivasi siswa Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran dengan motivasi siswa kelas V. Penelitian termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian pre eksperimen one goup pre test post test design. Metode pengelohan data yang digunakan dalam penelitian
adalah analisis angket motivasi siswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah kelas V. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling, jumlah sample dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan komunikasi tidak langsung, alat pengumpulan data menggunakan koesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, dan analisis hasil. Nilai rata-rata motivasi
siswa pre test sebesar 73,10 sedangkan rata-rata motivasi siswa post test sebesar 75,24. Pada analisis uji t, diperoleh variabel smartphone sebagai media pembelajaran (X) dan motivasi siswa (Y) sebesar 0,868 < 2,045, Sedangkan diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,392 > 0,05 demikian dapat di simpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Kesimpulan dalam penggunaan smartphone masih kurang memahami untuk belajar menggunakan media
pembelajaran terhadap motivasi siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:23
Last Modified: 22 Oct 2025 02:23
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2248

Actions (login required)

View Item
View Item