Susi, Diana (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SECARA KREATIF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 29 NENAK TEMBULAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1708061333_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061333_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1708061333_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061333_BAB 1.pdf
Download (428kB)
![[thumbnail of PBI_1708061333_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061333_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (365kB)
![[thumbnail of PBI_1708061333_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061333_BAB 3.pdf
Download (466kB)
![[thumbnail of PBI_1708061333_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061333_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (419kB)
![[thumbnail of PBI_1708061333_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061333_BAB 5.pdf
Download (207kB)
![[thumbnail of PBI_1708061333_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061333_LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Susi Diana. 2021. Analisis Kemampuan Berkomunikasi Secara Kreatif Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 29 Nenak Tembulan Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Adriana Gandasari., M.Pd, Pembimbing II : Dwi Cahyadi Wibowo,. M.Pd Kata kunci : Kemampuan Berkomunikasi Secara Kreatif Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kemampuan berkomunikasi secara kreatif siswa kelas IV SD Negeri 29 Nenak Tembulan Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Mengetahui kinerja guru dalam melihat kemampuan berkomunikasi secara kreatif siswa kelas IV SD Negeri 29 Nenak Tembulan Tahun Pelajaran 2021/2022. (3) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung
kemampuan berkomunikasi secara kreatif siswa kelas IV SD Negeri 29 Nenak Tembulan Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Guru kelas IV SD Negeri 29 Nenak Tembulan dan siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik analisis model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Kemampuan berkomunikasi secara kreatif siswa kelas IV SD Negeri 29 Nenak Tembulan
Tahun Pelajaran 2021/2022, siswa cepat tanggap dan luwes dalam melihat berbagai keterkaitan untuk menyatakan sesuatu yang baru. (2) Kinerja guru dalam melihat kemampuan berkomunikasi secara kreatif siswa kelas IV SD Negeri 29 Nenak Tembulan Tahun Pelajaran 2021/2022, guru memberikan tugas agar melatih siswa untuk berkomunikasi secara kreatif. (3) Faktor-faktor yang mendukung kemampuan berkomunikasi secara kreatif siswa kelas IV SD Negeri
29 Nenak Tembulan Tahun Pelajaran 2021/2022, media, sosio-antropologi, semantik, psikologi, ekologi, dan saluran sebesar 71,73% termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Siswa cepat tanggap dan luwes untuk kemampuan berkomunikasi secara kreatif, diperoleh dari guru yang memberikan tugas untuk melatih siswa berkomunikasi secara kreatif sesuai
dengan materi yang diajarkan melalui media yang dalam kategori baik yaitu
71,73%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:22 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:22 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2245 |