UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 SUB TEMA 3 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF POWER POINT BAGI SISWA KELAS I SD NEGERI 02 NANGA DANGKAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sopiya, Sopiya (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 SUB TEMA 3 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF POWER POINT BAGI SISWA KELAS I SD NEGERI 02 NANGA DANGKAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061468_COVER.pdf] Text
PBI_1809061468_COVER.pdf

Download (850kB)
[thumbnail of PBI_1809061468_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061468_BAB 1.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of PBI_1809061468_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061468_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[thumbnail of PBI_1809061468_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061468_BAB 3.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of PBI_1809061468_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061468_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[thumbnail of PBI_1809061468_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061468_BAB 5.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of PBI_1809061468_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061468_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sopiya. 2022. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Sub Tema 3 Dengan Menggunakan Media Interaktif Power Point Bagi Siswa Kelas 1 SD Negeri 02 Nanga Dangkan Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Warkintin, M.Pd., Pembimbing II :Lusila Parida, M.Pd.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Tematik, Media Interaktif Power Point, Siswa SD Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media interaktif power point, untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap media power point pada
pembelajaran tematik Tema 6, Sub Tema 3. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 02 Nanga Dangkan Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 02 Nanga Dangkan yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah analisis data. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar soal tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas siswa siklus I dengan rerata 86% kategori (baik) dan siklus II sebesar 100% kategori (sangat baik) terjadi peningkatan sebesar 14% ; (2) Presentase ketuntasan klasikal terhadap hasil belajar siswa siklus I sebesar 79%
kategori (cukup) sedangkan presentase ketuntasan klasikal pada siklus II 90% kategori (sangat baik) sehingga terjadi peningkatan 11% ; (3) Respon siswa terhadap penggunaan media interaktif power point sangat bagus, dan dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Kesimpulkan dari penelitian ini adalah penggunaan media interaktif power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri 02 Nanga Dangkan tahun pelajaran 2021/2022 pada pembelajaran tematik , tema 6 , sub tema 3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:24
Last Modified: 22 Oct 2025 02:24
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2239

Actions (login required)

View Item
View Item