Sinta, Kamelia (2021) ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA 4 :PENGHEMATAN ENERGI PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS III SDN 15 KAPUAS KIRI HULU SINTANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
PBI_1708061332_COVER.pdf
Download (1MB)
PBI_1708061332_BAB 1.pdf
Download (195kB)
PBI_1708061332_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (241kB)
PBI_1708061332_BAB 3.pdf
Download (236kB)
PBI_1708061332_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (243kB)
PBI_1708061332_BAB 5.pdf
Download (95kB)
PBI_1708061332_LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Sinta Kamelia,2021 Analisis Hasil Belajar Siswa Pada SubTema 4 Penghematan Energi Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas III SDN 15 Kapuas Kiri Hulu Sintang Kecamatan Sintang. Pembimbing 1: Agusta Kurniati.S.Pd.,M.Pd. Pembimbing II: Eliana Yunittha Seran,M.Pd
Kata Kunci : Hasil belajar,Subtema 4,Pandemi covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada
subtema 4 penghematan energi pada masa pandemi covid-19 kelas III SDN 15 Kapuas Kiri Hulu Sintang Tahun Pelajaran 2020/2021.(2) Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran subtema 4 penghematan energi di kelas III SDN 15 Kapuas Kiri Hulu Sintang Tahun Pelajaran 2020/2021. (3) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada subtema 4 penghematan energi di kelas III SDN 15 Kapuas Kiri Hulu Sintang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan karena siswa masih ada yang mendapat nilai yang rendah dan belum mencapai KKM yang sudah ditentukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Metode yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa di SDN 15 Kapuas Kiri Hulu Sintang belum mencapai KKM 72. Hal ini dikarenakan bahwa dalam pembelajaran anak tidak mendapat bimbingan, dukungan, perhatian serta peran yang penuh dari orang
tua; (2) Faktor yang mempengaruhi hasil belajar dari keluarga, faktor sarana prasarana,dan faktor sekolah; (3) Upaya yang dilakukan guru yaitu menjelaskan proses pembelajaran dari rumah idealnya tetap dapat mengakomodasikan kebutuhan belajar siswa untuk mengembangkan bakat dan minat sesuai dengan jenjang pendidikannya yang disampaikan oleh guru, memberikan remedial kepada siswa ketika nilai tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa baik intern maupun ekstern yaitu kurangnya bimbingan dan perhatian orang tua pada anaknya, upaya yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi hambatan
tersebut, guru melakukan berulang kali menyampaikan materi pembelajaran pada siswa, menyuruh siswa untuk rajin mencatat materi yang telah disampaikan, memberikan tugas atau PR untuk dikerjakan di rumah dan remedial.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Magang Santai jak |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:24 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 02:24 |
| URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2235 |

