Sinda, Sinda (2022) ANALISIS METODE PEMBERIAN TUGAS SEBAGAI PENGGANTI PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS SELAMA MASA PANDEMI COVID -19 PADA SISWA KELAS IV SDN 14 MENGKURAI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1708061395_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061395_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1708061395_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061395_BAB 1.pdf
Download (737kB)
![[thumbnail of PBI_1708061395_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061395_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (354kB)
![[thumbnail of PBI_1708061395_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061395_BAB 3.pdf
Download (458kB)
![[thumbnail of PBI_1708061395_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061395_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (466kB)
![[thumbnail of PBI_1708061395_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061395_BAB 5.pdf
Download (185kB)
![[thumbnail of PBI_1708061395_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061395_LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Sinda.2021. “Analisis Metode Pemberian Tugas Sebagai Pengganti Proses Pembelajaran Di Kelas Selama Masa Pandemi Covid -19 Pada Siswa Kelas IV SDN 14 Mengkurai Tahun Ajaran 2021/2022”. Skripsi, program studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Adriana Gandasari, M.Pd. Pembimbing II: Sirilus Sirhi, S.TP., M.M. Kata kunci: Metode Pemberian Tugas, Proses Pembelajaran dan pandemi covid-19. Pandemi Covid-19 di Indonesia menyebabkan sejumlah sekolah harus mengalihkan sistem belajar mengajar yang awalnya dilakukan tatap muka di sekolah menjadi
pembelajaran dari rumah (daring) dan hal ini dilakukan oleh SDN 14 Mengkurai. Diperlukan suatu metode yang tepat untuk mengatasi perubahan proses pembelajaran salah satunya menggunakan Metode Pemberian Tugas yang menjadi fokus dalam penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian tentang analisis metode pemberian tugas sebagai pengganti proses pembelajaran di kelas selama masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa dan guru kelas IV. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan angket respon siswa, wawancara siswa dan wawancara guru, observasi guru dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat; pertama, jenis metode pemberian tugas sebagai pengganti proses pembelajaran ialah penugasan individual yang diambil dari buku tematik kelas IV; kedua, penggunaan metode pemberian tugas sebagai pengganti proses yaitu guru memberikan
tugas dari buku teks atau buku tematik yang telah disediakan oleh sekolah kemudian peserta didik diberi tugas mempelajari bagian dari buku teks tersebut untuk dikerjakan di rumah dalam waktu yang telah ditentukan; ketiga, respon siswa terhadap penerapan
metode pemberian tugas sebagai pengganti proses pembelajaran diperoleh persentase sebesar 61,76% sehingga termasuk dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:24 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:24 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2234 |