ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 LENGKENAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Silvina, Vivin (2022) ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 LENGKENAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061549_COVER.pdf] Text
PBI_1809061549_COVER.pdf

Download (828kB)
[thumbnail of PBI_1809061549_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061549_BAB 1.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of PBI_1809061549_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061549_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[thumbnail of PBI_1809061549_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061549_BAB 3.pdf

Download (724kB)
[thumbnail of PBI_1809061549_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061549_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[thumbnail of PBI_1809061549_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061549_BAB 5.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of PBI_1809061549_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061549_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

SilvinaVivin. 1809061549. 2022. Analisis Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik pada Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Lengkenat Tahun Pelajaran 2021/2022.Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Adriana Gandasari, M.Pd. Pembimbing II: Yohanes Berkhmas
M., S.Fil.,M.Psi. Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal, Pandemi Covid-19, SekolahDasar. Pembelajaran masa pandemi covid-19 berkaitan dengan physical distancing sehingga terdapat beberapa peserta didik yang masih kesulitan berdiskusi dalam
suatu kelompok, diskusi kelompok yang dilakukan oleh peserta didik berkaitan dengan kecerdasan interpersonal peserta didik, dan peserta didik pergi kesekolah tidak setiap hari akan tetapi ada hari tertentu untuk masing-masing kelompok pergi kesekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan interpersonal peserta didik pada pembelajaran masa pandemi covid-19 di kelas IV
Sekolah Dasar Negeri 02 Lengkenat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, bentuk deskriptif kualitatif, dengan subjek guru kelas, dan 46 peserta didik. Objek penelitian ini kecerdasan interpersonal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengamatan, teknik komunikasi langsung,
teknik komunikasi tidak langsung, dan teknik dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kecerdasan interpersonal peserta didik pada pembelajaran masa pandemi covid-19 di kelas IV yaitu berada pada kategori sangat baik, 2) faktor yang mempengaruhi yaitu faktor eksternal, 3)
upaya guru mengatasi faktor penghambat kecerdasan interpersonal peserta didik adalah seperti dengan mengadakan pertemuan rutin setiap 2 bulansekali dengan orang tua peserta didik guna membahas perkembangan peserta didik, mengajak peserta didik untuk melakukan interaksi yang baik, berkata yang sopan, menaati
segala aturan yang ditetapkan di sekolah, saling membantu, saling mengasihani, saling berbagi, berani mengungkapkan pendapat, bertanggung jawab, menghargai teman yang lain dan melaksanakan bimbingan konseling (BK). Dapat disimpulkan bahwa kecerdasan interpersonal peserta didik tetap optimal walaupun pada masa
pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:24
Last Modified: 22 Oct 2025 02:24
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2233

Actions (login required)

View Item
View Item