PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA TEMA 7 SUB TEMA 1 DI KELAS IV SD NEGERI 1 KEBERAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sari Rama, Yanti (2022) PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA TEMA 7 SUB TEMA 1 DI KELAS IV SD NEGERI 1 KEBERAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061547_COVER.pdf] Text
PBI_1809061547_COVER.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of PBI_1809061547_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061547_BAB 1.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of PBI_1809061547_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061547_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[thumbnail of PBI_1809061547_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061547_BAB 3.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of PBI_1809061547_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061547_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[thumbnail of PBI_1809061547_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061547_BAB 5.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of PBI_1809061547_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061547_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sari Rama Yanti. 2022, “Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Beelajar Siswa Pada Muatan IPA Tema 7 Sub Tema 1 di Kelas IV SD Negeri 1 Keberak Tahun Pelajaran 2021/2022”. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Lusila Parida, M.Pd. Pembimbing II: Suparno, M.Pd.
Kata Kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar, IPA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model mind mapping pada
siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Keberak untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi,
teknik wawancara, teknik pengukur/tes, dan teknik dokumentasi. Alat
pengumpulan data yang digunakan yaitu panduan observasi aktivitas guru dan siswa, soal tes kognitif, lembar penilaian afektif, psikomotorik, serta wawancara guru dan siswa. Peningkatan hasil dari penerapan model mind mapping melalui penilaian aktivitas guru mengalami kenaikan dari siklus I sebesar 81%, meningkat
menjadi 95,8% pada siklus II. Penilaian aktivitas belajar siswa siklus I 72,65%, meningkat menjadi 95,83% siklus II. Peningkatan Hasil belajar kognitif siswa menggunakan model mind mapping mengalami kenaikan dari siklus I 70,83% menjadi 91,66% pada siklus II, jadi diperoleh peningkatan sebesar 20,83%. Peningkatan hasil belajar afektif siswa siklus I 72,65%, menjadi 87,5% pada siklus II, maka terjadi peningkatan pada penilaian afektif sebesar 14,85%. Peningkatan hasil belajar psikomotorik siswa siklus I 71,25%, menjadi 92% siklus
II, terjadi peningkatan sebesar 20,75% Respon guru dan siswa melalui wawancara secara langsung menunjukan respon positif terhadap model pembelajaran mind mapping. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:25
Last Modified: 22 Oct 2025 02:25
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2228

Actions (login required)

View Item
View Item