ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PPKN “AKU SUKA BERGOTONG ROYONG” DI KELAS I SEKOLAH PENGGERAK SD NEGERI 21 TELUK MENYURAI SINTANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Ratna, Asmarita (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PPKN “AKU SUKA BERGOTONG ROYONG” DI KELAS I SEKOLAH PENGGERAK SD NEGERI 21 TELUK MENYURAI SINTANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061466_COVER.pdf] Text
PBI_1809061466_COVER.pdf

Download (716kB)
[thumbnail of PBI_1809061466_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061466_BAB 1.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of PBI_1809061466_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061466_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[thumbnail of PBI_1809061466_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061466_BAB 3.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of PBI_1809061466_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061466_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[thumbnail of PBI_1809061466_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061466_BAB 5.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of PBI_1809061466_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061466_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ratna Asmarita. 2022. Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran PPKn “Aku Suka Bergotong Royong” di Kelas I Sekolah Penggerak SD Negeri 21 Teluk Menyurai Sintang Tahun Ajaran 2021/2022. Tugas akhir, Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Adriana Gandasari, M.Pd., Pembimbing II: Thomas Joni Verawanto Aristo, M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran PPKn
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran PPKn “Aku Suka Bergotong Royong” di kelas I sekolah penggerak SD Negeri 21 Teluk Menyurai Sintang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu Milles and Huberman terdiri dari pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukan bahwa: 1) guru melaksanakan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dengan kegiatan 5M, yaitu mengamati, menanya, mencoba/mengumpulkaninformasi, menalar dan mengomunikasikan. Namun, kegiatan yang paling sukar untuk
dilakukan adalah menanya tetapi dapat terus dilaksanakan dengan memberikan stimulasi kepada siswa. 2) Hambatan dalam penerapan pendekatan saintifik, antara lain hambatan internal guru berupa kurangnya kemampuan guru memanajemen waktu dan kelas. Hambatan ekternal yaitu kurangnya kemandirian siswa dalam belajar menggunakan langkah-langkah pendekatan saintifik, serta
kurangnya sumber belajar utama seperti buku ajar siswa. 3) upaya internal dari guru dan upaya ekternal dari sekolah untuk mengatasi hambatan tersebut antara lain: guru berupay meningkatkan kompetensi dan profesionalitas terkait pendekatan saintifik dengan cara mengakses internet, guru membimbing siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, guru menjalin kerjasama dengan kepala sekolah dan rekan sejawat. Upaya ekternal yang dilakukan sekolah yaitu menyediakan sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik seperti menyediakan perpustakaan sekolah, komputer sekolah dan memasang wifi di sekolah. Dapat disimpulkan bahwaimplementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran PPKn “Aku Suka Bergotong Royong” di kelas I sekolah penggerak SD Negeri 21 Teluk Menyurai Sintang tahun ajaran 2021/2022 terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:26
Last Modified: 22 Oct 2025 02:26
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2212

Actions (login required)

View Item
View Item