ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 01 NANGA DEDAI PADA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Patricia Debi, Aprilianti (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 01 NANGA DEDAI PADA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061542_COVER.pdf] Text
PBI_1809061542_COVER.pdf

Download (957kB)
[thumbnail of PBI_1809061542_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061542_BAB 1.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of PBI_1809061542_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061542_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[thumbnail of PBI_1809061542_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061542_BAB 3.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of PBI_1809061542_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061542_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[thumbnail of PBI_1809061542_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061542_BAB 5.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of PBI_1809061542_BAB 6.pdf] Text
PBI_1809061542_BAB 6.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of PBI_1809061542_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061542_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aprilianti, D.P 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 01 Nanga Dedai Tahun Pelajaran 2021/2022. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. pembimbing I: Andri, M.Pd. pembimbing II: Beni Setiawan, M.Pd. Kata kunci : Analisis Kemampuan, Berpikir Kritis, Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika dikelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Nanga Dedai pada
tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 01 Nanga Dedai sebanyak 21 orang siswa. Pendekatan pada penelitian ini kualitatif dengan metode penelitian kualitatif sedangkan bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1)kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 01 Nanga
Dedai kategori sangat rendah. Siswa belum mampu untuk memahami masalah matematis untuk didiskusikan, mengajukan alasan yang logis berupa konsep/ide sebagai bukti yang valid dan relevan,menyimpulkan hubungan antara ide-ide untuk menyelesaikan masalah matematis dan mengambil tindakan berupa penyelesaian masalah matematis. 2) faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan oleh faktor internal, faktor eksternal, dan faktor pendekatan 3) upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu pengelolaan kelas, menggunakan pendekatan dan metode pembelajaran yang bervariasi, menciptakan interaksi antara guru dan siswa, dan melakukan evaluasi pembelajaran.Dapat disimpulkan secara umum kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 01 Nanga Dedai tahun pelajaran 2021/2022 tergolong kategori sangat rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:28
Last Modified: 22 Oct 2025 02:28
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item
View Item