PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI 13 SUNGAI KAWAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Novia, Apriyanti (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI 13 SUNGAI KAWAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061506_COVER.pdf] Text
PBI_1809061506_COVER.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of PBI_1809061506_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061506_BAB 1.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of PBI_1809061506_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061506_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[thumbnail of PBI_1809061506_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061506_BAB 3.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of PBI_1809061506_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061506_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[thumbnail of PBI_1809061506_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061506_BAB 5.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of PBI_1809061506_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061506_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Novia Apriyanti.2022. “Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep (Concept Mapping) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 13 Sungai Kawat Tahun Pelajaran 2022/2023”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dwi Cahyadi Wibowo, M.Pd. Pembimbing II: Olenggius Jiran Dores, M.Pd.
Kata Kunci: Model,Pembelajaran, Peta Konsep, Hasil, Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran menggunakan model peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 13 Sungai Kawat. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan model peta konsep, hasil belajar siswa dan respon
siswa terhadap peta konsep. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini, yaitu siswa-siswi kelas III SD Negeri 13 Sungai kawat, yang terdiri dari 25 orang siswa, 11 siswi perempuan dan 14 siswa
laki-laki. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik pengukuran, teknik komunikasi tidak langsung dan teknik studi dokumentasi. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, angket respon siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil
penelitian: (1) kesiapan guru pada siklus I sebesar 58,33% sedangkan pada siklus II sebesar 87,33% dan siswa pada siklus I sebesar 54,16% sedangkan pada siklus II sebesar 87,33% kategori baik. (2) peningkatan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 64,4% sedangkan pada siklus II sebesar
88%. (3) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran siswa adalah baik. Hasil angket respon siswa sebesar 72 % dengan kategori baik. Berdasarkan hal diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 13 Sungai Kawat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:29
Last Modified: 22 Oct 2025 02:29
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2192

Actions (login required)

View Item
View Item