Melly, Febriyanti (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 01 SUNGAI RINGIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1708061359_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061359_COVER.pdf
Download (742kB)
![[thumbnail of PBI_1708061359_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061359_BAB 1.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of PBI_1708061359_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061359_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (234kB)
![[thumbnail of PBI_1708061359_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061359_BAB 3.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of PBI_1708061359_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061359_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (105kB)
![[thumbnail of PBI_1708061359_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061359_BAB 5.pdf
Download (132kB)
![[thumbnail of PBI_1708061359_BAB 6.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061359_BAB 6.pdf
Download (31kB)
![[thumbnail of PBI_1708061359_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061359_LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Melly Febriyanti. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN 01 Sungai Ringin Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.Pembimbing I: Dr. Daniel Dike, S,S.,M.Pd. Pembimbing II: Sirilus Sirhi, S.TP.,MM. Kata Kunci: Kemampuan, Berpikir Kritis, Pembelajaran Tematik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik dikelas IV SDN 01 Sungai Ringin. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) teknik observasi yaitu observasi terstruktur, (2) teknik wawancara yaitu wawancara terstruktur, dan (3) teknik
dokumentasi yang berbentuk file dan foto. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN 01 Sungai Ringin menunjukkan hasil 69,44% dengan katagori baik. Metode dan
proses yang memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu proses pembelajaran berbasis masalah. Cara guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah mengelola proses pembelajaran dengan baik, menerapkan metode dan proses pembelajaran yang bervariasi, dan menciptakan interaksi antara guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik
kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan hasil yang baik, metode dan proses yang memberdayakan adalah proses pembelajaran berbasis masalah, dan cara guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah mengelola proses pembelajaran dengan baik, menerapkan metode dan
proses pembelajaran yang bervariasi, dan menciptakan interaksi antara gurudengan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:30 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:30 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2175 |