Magdalena, Eva (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 9 SUBTEMA 1 KELAS IV SDN 01 SUNGAI UKOI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
PBI_1809061533_COVER.pdf
Download (697kB)
PBI_1809061533_BAB 1.pdf
Download (420kB)
PBI_1809061533_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (369kB)
PBI_1809061533_BAB 3.pdf
Download (648kB)
PBI_1809061533_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (598kB)
PBI_1809061533_BAB 5.pdf
Download (191kB)
PBI_1809061533_LAMPIRAN.pdf
Download (5MB)
Abstract
Magdalena Eva. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema 9 Subtema 1 Kelas IV SDN 01 Sungai Ukoi Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Adriana Gandasari, M.Pd., Pembimbing II: Markus Iyus Supiandi, M.Pd Kata kunci: Hasil, Belajar, Model, Inkuiri, Terbimbing Model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah model mengajar yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara langsung. Dengan menerapkan
model pembelajaran inkuiri diharapkan membuat siswa dapat berpikir dalam mencari atau menemukan informasi sendiri karena siswa terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran artinya bahwa siswa berperan aktif dalam menemukan informasi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 9 subtema 1 kelas IV SDN 01 Sungai Ukoi Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SDN 01 Sungai Ukoi Sintang yang berjumlah 16 siswa. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan lembar obervasi, soal tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembekajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa terlaksana dengan baik. Hasil nilai siswa pada siklus I diperoleh rerata 56,9 (cukup) dengan ketuntasan 31,25%. Siklus II diperoleh rerata 73 (baik) dengan ketuntasan 87,5%. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 56,25%. Respon Siswa terhadap Model
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing diterima dengan sangat baik.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Magang Santai jak |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:32 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 02:32 |
| URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2157 |

