Krisyonatan, Krisyonatan (2022) PENERAPAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KEBERAK. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
PBI_1809061455_COVER.pdf
Download (591kB)
PBI_1809061455_BAB 1.pdf
Download (435kB)
PBI_1809061455_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (377kB)
PBI_1809061455_BAB 3.pdf
Download (502kB)
PBI_1809061455_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (695kB)
PBI_1809061455_BAB 5.pdf
Download (207kB)
PBI_1809061455_LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Krisyonatan 2022. Penerapan Media PowerPoint Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Keberak. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I Imanuel Sairo Awang, S.Si., M.Pd, Pembimbing II Muhammad Rian Subekti, M.Pd., AIFO-P. Kata Kunci : Keterampilan Berbicara Siswa, Media PowerPoint Interaktif Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil penerapan media powerpoint interaktif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 2 Keberak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa berdasarkan wawancara peneliti dengan guru wali kelas IV yang mengatakan siswa sangat terlihat pasif ketika di kelas dan keterampilan berbicara siswa yang sangat rendah. Fokus penelitian ini adalah apakah penerapan pembelajaran melalui media powerpoint interaktif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 2 Keberak yang objek utamanya merupakan siswa kelas IV yang ada di SD Negeri 2 Keberak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Keberak yang berjumlah 26 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes. Teknik analisis data mengunakan teknik analisis persentase. Berdasarkan analisis data penelitian diketahui ketuntasan klasikal di siklus I sebesar 34,54% atau 9 orang siswa yang tuntas, dan siklus II sebesar 100% atau 26 orang siswa yang tuntas sehingga diperoleh peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 65,44%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Penerapan media PowerPoint Interaktif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 2 Keberak sudah dilaksanakan dengan prosedur yang telah dibuat dalam perangkat pembelajaran. Saran dalam penelitian ini adalah siswa diharapkan dapat lebih aktif dalam pembelajaran dan aktif bertanya jika ada materi yang belum dipahami siswa. viii
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Magang Santai jak |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:07 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 07:07 |
| URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2137 |

