Katarina, Aprilia (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IVA SDN 06 TAPANG PULAU KECAMATAN BELITANG HILIR KABUPATEN SEKADAU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1809061454_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061454_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1809061454_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061454_BAB 1.pdf
Download (330kB)
![[thumbnail of PBI_1809061454_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061454_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (352kB)
![[thumbnail of PBI_1809061454_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061454_BAB 3.pdf
Download (337kB)
![[thumbnail of PBI_1809061454_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061454_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (826kB)
![[thumbnail of PBI_1809061454_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061454_BAB 5.pdf
Download (319kB)
![[thumbnail of PBI_1809061454_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061454_LAMPIRAN.pdf
Download (6MB)
Abstract
Katarina Aprila. 2022, Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas IVA SDN 06 Tapang Pulau Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. STKIP Persada Khaltulistiwa Sintang. Pembimbing I: Agusta Kurniati M.Pd., Pembimbing II: Muhammad Rian Subekti, M.Pd., AIFO-P. Kata kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IVA SDN 06 Tapang Pulau, faktor yang mempengaruhi serta
upaya yang guru lakukan dalam mengatasi rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IVA dapat dikaterogikan cukup. Selama proses pembelajaran rata-rata siswa sering membaca di kelas.Sebagian siswa bisa menjawab pertanyaan guru, dan hanya beberapa siswa yang mengajukan pertanyaan hal yang belum dimengerti.Kemampuan menjelaskan isi bacaan dan menyimpulkan isi bacaan dikategorikan cukup.Kemampuan
mengingat apa yang ditulis dalam bacaan dikategorikan cukup. Kemampuan membaca pemahaman tersebut dipengaruhi oleh faktorinternal dan eksternal yang berupa motivasi dan minat siswa, konsentrasi, kebiasaan membaca, keaktifan bertanya, sarana dan prasarana serta lingkungan. Upaya yang dilakukan oleh guru
untuk mengatasi faktor tersebut,yaitu dengan memotivasi siswa dalam membaca, penggunaan metode, strategi dan media belajar, serta kepekaan guru terhadap siswa yang sulit membaca pemahaman.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IVA dikaterogikan cukup yang dipengaruhi oleh faktor internal dan juga eksternal. Untuk mengatasi faktor tersebutupaya yang guru lakukan dalam mengatasi rendahnya kemampuan membaca pemahaman yaitu memotivasi siswa, penggunaan metode, strategi, media, serta kepekaan guru terhadap siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:07 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 07:07 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2131 |