ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA 7 MUATAN PKN KELAS V DI SDN 12 RAWAK HILIR

Jumiati, Jumiati (2022) ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA 7 MUATAN PKN KELAS V DI SDN 12 RAWAK HILIR. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061531_COVER.pdf] Text
PBI_1809061531_COVER.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of PBI_1809061531_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061531_BAB 1.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of PBI_1809061531_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061531_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[thumbnail of PBI_1809061531_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061531_BAB 3.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of PBI_1809061531_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061531_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[thumbnail of PBI_1809061531_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061531_BAB 5.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of PBI_1809061531_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061531_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Jumiati, 2022. Analisis Nilai - nilai Karakter Siswa pada Pembelajaran Tema 7 Muatan Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V di SDN 12 Rawak HilirSkripsi Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.Pembimbing I: Warkintin, M.Pd. Pembimbing II: Lusila Parida, M.Pd Kata Kunci :Nilai Karakter, Siswa SD,Pendidikan, Kewarganegaraan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SD Negeri 12 Rawak Hilir. Pendidikan Kewarganegaraan menitikberatkan atas pengalaman dan penyesuaian pada aktivitas sehari-hari yang bertujuan membentuk karakter peserta didik supaya menjadi manusia Indonesia seutuhnya yang mampu menerapkan nilai-nilai pancasila pada kehidupan sehari-hari.Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif metode kualitatif deskriptif. Tehnik penelitian menggunakan wawancara
langsung, observasi langsung dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data Miler dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber.Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Nilai karakter yang diterapkan yaitu religius, mandiri, nasionalis, gotong royong, dan integritas. (2)Strategi yang digunakan guru dalam penerapan pendidikan karakter seperti selalu mengingatkan siswa akan hal baik, memberikan teguran, memberikan contoh atau menjadi teladan, kegiatan rutin atau pembiasaan, dan menumbuhkan kesadaran siswa. (3) Hambatan dalam penerapan pendidikan karakter dari minimnya pendidikan dan pengetahuan orang tua siswa/I sehingga tidak memiliki kesadaran terhadap lingkungan pergaulan anak, siswa/I tidak memiliki batasan usia dalam pergaulannya.Kesimpulan yaitu siswa kelas V di SDNegeri 12 Rawak Hilir pada nilai karakter sudah bisa memahami dan membudayakan nilai-nilai karakter yang terdiri dari religius,
nasionalis, mandiri, gontong royong dan integritas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:07
Last Modified: 21 Oct 2025 07:07
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2127

Actions (login required)

View Item
View Item