Alldina, Putri (2025) PENGARUH MEDIA JAM ANALOG TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA JAM DALAM PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 06 NANGA NUAR TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_2112061965_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061965_COVER.pdf
Download (565kB)
![[thumbnail of PBI_2112061965_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061965_BAB 1.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of PBI_2112061965_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061965_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (417kB)
![[thumbnail of PBI_2112061965_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061965_BAB 3.pdf
Download (432kB)
![[thumbnail of PBI_2112061965_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061965_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (442kB)
![[thumbnail of PBI_2112061965_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061965_BAB 5.pdf
Download (90kB)
![[thumbnail of PBI_2112061965_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061965_LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Alldina Putri. 2025. (2112061965). Pengaruh Media Jam Analog terhadap peningkatan keterampilan membaca jam dalam pelajaran matematika pada siswa kelas II SD Negeri 06 Nanga Nuar Tahun ajaran 2024/2025. Pembimbing I: Nelly Wedyawati, S.Si., M.Pd. Pembimbing II: Lusila Parida, M.Pd. Kata Kunci: Media Jam Analog, Keterampilan Membaca Jam, Matematika,
Sekolah Dasar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca jam pada siswa kelas II SD Negeri 06 Nanga Nuar, yang disebabkan oleh minimnya penggunaan media konkret dalam pembelajaran matematika, khususnya materi waktu. Keterampilan membaca jam penting dikuasai sejak dini karena berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media jam analog terhadap peningkatan keterampilan membaca jam siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimental desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes lisan untuk menilai aspek kognitif, lembar observasi, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari 58,67 pada pretest menjadi 81,80 pada posttest. Uji Paired Sample T-Test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang menunjukkan perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Nilai rata-rata N-Gain sebesar
0,5579 termasuk dalam kategori sedang. Hasil angket menunjukkan seluruh siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan media jam analog. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media jam analog berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan membaca jam siswa. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa media konkret seperti jam analog dapat pemahaman siswa terhadap waktu serta keterlibatan aktif mereka dalam pembelajaran. Guru disarankan menggunakan media ini dalam pembelajaran matematika untuk memperkuat pemahaman konsep waktu secara nyata.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Alldina Putri |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:03 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 07:03 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2102 |