Agustini Saverin Deran, Beda (2025) ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 05 SINTANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_2112061964_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061964_COVER.pdf
Download (552kB)
![[thumbnail of PBI_2112061964_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061964_BAB 1.pdf
Download (186kB)
![[thumbnail of PBI_2112061964_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061964_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (247kB)
![[thumbnail of PBI_2112061964_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061964_BAB 3.pdf
Download (134kB)
![[thumbnail of PBI_2112061964_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061964_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (217kB)
![[thumbnail of PBI_2112061964_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061964_BAB 5.pdf
Download (93kB)
![[thumbnail of PBI_2112061964_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061964_LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Agustini Saverin Deran Beda. 2025, Analisis Media Pembelajaran Interaktif padaMata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SD Negero 05 Sintang Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada KhatulistiwSintang. Pembimbing I : Lusila Parida, M.Pd., Pembimbing II : Sirilus SirhiS.TP.M.M. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar Kognitif, PendidikanPancasila, Sekolah Dasar Penelitian ini didasari oleh temuan awal bahwa proses pembelajaran masihdidominasi oleh metode konvensional yang membuat siswa kurang aktif, mudahbosan, dan hasil belajar cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untukmengeksplorasi penggunaan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkanhasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IVSD Negeri 05 Sintang. Hasil pra observasi menunjukkan bahwa meskipun secarumum hasil belajar siswa baik, masih terdapat siswa yang berada di bawah ratarata. Penelitian ini berfokus pada tiga tujuan Utama mengetahui pengaruhpenggunaan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar kognitisiswa,mengevaluasi hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan mediinteraktif, dan menganalisis respon siswa terhadap penggunaan media interaktif.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulandata melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif, seperti videanimasi, dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Siswa menjadi lebihaktif, fokus, dan terlibat dalam proses pembelajaran, yang tercermin darpeningkatan nilai tugas dan ulangan. Respon siswa terhadap penggunaan mediinteraktif juga sangat positif, dengan mereka menunjukkan antusiasme dansemangat yang lebih tinggi dalam mengikuti pembelajaran. Secara keseluruhanpenelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berkontribussignifikan dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, serta menciptakansuasana belajar yang menyenangkan dan efektif. Hasil ini diharapkan dapamenjadi acuan bagi guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang lebih
inovatif dan menarik di kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Agustini Saverin Deran Beda |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:03 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 07:03 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2101 |