Susilawati, Susilawati (2023) ANALISIS PENERAPAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN NILAI KEDISIPLINAN SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 25 EMPAKAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
PBI_1809061551_COVER.pdf
Download (662kB)
PBI_1809061551_BAB 1.pdf
Download (306kB)
PBI_1809061551_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (348kB)
PBI_1809061551_BAB 3.pdf
Download (462kB)
PBI_1809061551_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (343kB)
PBI_1809061551_BAB 5.pdf
Download (168kB)
PBI_1809061551_LAMPIRAN.pdf
Download (848kB)
Abstract
Susilawati. 2022, Analisis penerapan penguatan pendidikan karakter dalammeningkatkan nilai kedisiplianan siswa di kelas IV SD Negeri 25 Empakan tahunpelajaran 2022/2023 . Skripsi, Program studi PGSD STKIP Persada KhatulistiwaSintang. Pembimbing I: Lusila Parida, M.Pd., Pembimbing II: Fusnika, M.Pd. Kata Kunci: Penguatan Pendidikan Karakter , Nilai Kedisiplinan, Sekolah Dasar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penguatan pendidikan karakter (PPK) telah dterapkan pada siswa siswi di SD Negeri 25 Empakan. Fokusnya adalah pada peranguru dalam menerapkan penguatan pendidikan karakter pada siswa kelas IVPenelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan dan memperoleh gambaranmengenai analisis penerapan penguatan pendidikan karakter untuk meningkatkannilai kedisilinan siswa di kelas IV SD Negeri 25 Empakan tahun pelajaran2022/2023. Metode penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan kualitatifdeskriptif, pengumpulan data dengan menggunakan tehnik observasi, teknikkomunikasi langsung, dan teknik studi dokumentasi. Analisis data menggunakanmodel menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, danpenarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwaBerdasarkan hasil observasi terhadap guru kelas yang dilakukan sebanyak tigakali pertemuan pada saat proses pembelajaran berlangsung menunjukan bahwapelaksanaan penguatan pendidikan karakter dalam meningkatkan nilakedisiplinan siswa sudah “sangat baik” dan mengalami peningkatan sebesar13,36% dengan rata – rata 82,16%. Peran guru pada menerapkan penguatanpendidikan karakter dalam meningkatkan nilai Kedisiplinan siswa sudah dalamkategori “sangat baik” hal ini berdasakan hasil wawancara dengan guru kelas,dimana nilai kedisiplinan siswa dapat tertanam dengan baik terbukti bahwa siswasudah mentaati peraturan sekolah. Respon siswa terhadap penerapan PPK sudah memberikan respon yang “baik” hal ini berdasarkan hasil wawancara terhadapsiswa dan hasil observasi yang dilakukan terhadap siswa sebanyak tiga kalpertemuan mengalami peningkatan sebesar 20% dengan rata – rata 75,55%. Jadiberdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: penerapan penguatanpendidikan karakter untuk meningkatkan Nilai Kedisiplianan siswa kelas IV diSekolah Dasar Negeri 25 Empakan sudah terlaksana dengan Maksimal. Denganadanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan bagi penelitselanjutnya agar dapat mengembangkan penelitian dengan sampel yang beragam,dan dapat melakukan pengembangan sikap disiplin.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Susilawati Sila |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:02 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 07:02 |
| URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2100 |

