ANALISIS PERILAKU PROSOSIAL ANAK KELOMPOK B DI TK GRAHA MULIA SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Maria, Wani (2024) ANALISIS PERILAKU PROSOSIAL ANAK KELOMPOK B DI TK GRAHA MULIA SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_200408115_COVER.pdf] Text
PBI_200408115_COVER.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of PBI_200408115_BAB 1.pdf] Text
PBI_200408115_BAB 1.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of PBI_200408115_BAB 2.pdf] Text
PBI_200408115_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[thumbnail of PBI_200408115_BAB 3.pdf] Text
PBI_200408115_BAB 3.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of PBI_200408115_BAB 4.pdf] Text
PBI_200408115_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[thumbnail of PBI_200408115_BAB 5.pdf] Text
PBI_200408115_BAB 5.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of PBI_200408115_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_200408115_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maria Wani, 2024. Analisis Perilaku Prososial Anak Kelompok B di TK Graha Mulia Sintang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Yohanes Berkhmas Mulyadi, S.Fil.,M.Psi Pembimbing II: Sudarto, M.Pd Kata kunci: Perilaku Prososial Anak Kelompok B
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perilaku prososial anak kelompok B. 2) Faktor yang mempengaruhi perilaku prososial anak. 3)Cara guru dan orang tua dalam menanamkan perilaku prososial anak. Subjek penelitian ini berjumlah 13 orang yang terdiri dari 1 guru kelas dan 12 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah interactive model dari Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perilaku prososial anak kelompok B secara umum baik, walaupun masih ada beberapa anak yang kurang berkembang dalam perilaku prososial seperti ada anak yang kurang mau menolong, kurang mau berbagi. 2) faktor yang mempengaruhi perilaku prososial anak ada dua yaitu faktor internal seperti diri anak sendiri serta faktor eksternal seperti keluarga atau orang tua, teman sebaya dan guru. Keluarga atau orang tua adalah pihak pertama yang berperan dalam menanamkan perilaku prososial pada anak, guru adalah pihak yang menanamkan perilaku prososial pada murid di lingkungan sekolah, teman sebaya adalah pihak yang berperan dalam menanamkan perilaku prososial selain keluarga dan guru. 3) Cara guru dan orang tua dalam menumbuhkan perilaku prososial anak kea rah yang lebih baik yaitu dengan cara: memberikan teladan baik, memberikan pembiasaan baik, memberikan perhatian dan pengawasan, memberikan hadiah dan hukuman, menasehati anak, bercerita tentang kisah-kisah yang mengandung pesan moral, memberitan beberapa aturan serta mengajak anak bermain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:47
Last Modified: 11 Sep 2025 03:47
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1882

Actions (login required)

View Item
View Item