ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA KELAS ATAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 BATAS NANGKA PELAJARAN 2018/2019

Yuliana, Ima (2019) ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA KELAS ATAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 BATAS NANGKA PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_449600141_COVER.pdf] Text
PBI_449600141_COVER.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of PBI_449600141_BAB 1.pdf] Text
PBI_449600141_BAB 1.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of PBI_449600141_BAB 2.pdf] Text
PBI_449600141_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[thumbnail of PBI_449600141_BAB 3.pdf] Text
PBI_449600141_BAB 3.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of PBI_449600141_BAB 4.pdf] Text
PBI_449600141_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[thumbnail of PBI_449600141_BAB 5.pdf] Text
PBI_449600141_BAB 5.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of PBI_449600141_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_449600141_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Yuliana Ima, 2019. Analisis Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Kelas Atas di Sekolah Dasar Negeri 5 Batas Nangka Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Anna Marganingsih, S.E.,M.Pd, Pembimbing II: Suryameng, M. Pd. Kata Kunci: Keterampilan Sosial, Ilmu Pengetahuan Sosial Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada kelas atas di sekolah dasar negeri 5 batas nangka tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian survei. Variabel yang digunakan adalah variabel tunggal yaitu keterampilan sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I, II, III, IV, V, VI sekolah dasar negeri 5 batas nangka tahun yang berjumlah 150 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sehingga jumlah sampel yang di ambil yaitu kelas IV, V, dan VI, menjadi 60 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan lembar angket. Hasil penelitian yang diperoleh keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial sekolah dasar negeri 5 batas nangka tahun pelajaran 2018/2019 ≥70% dari yang diharapkan, dengan rincian sebagai berikut, angket keterampilan sosial siswa termasuk dalam kategori,”kuat” dengan skor angket 78,50% berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang diperoleh harga t hitung lebih kecil dari harga t tabel yaitu 106,66 ≤ X ≤ 127,99 maka Ho nya ditolak dan Ha nya diterima. Keterampilan sosial siswa sangat sigtifikan dilaksanakan demi menumbuh kembangkan minat dan motivasi belajar siswa. Guru diharapkan mampu meningkatkan teknik keterampilan sosial siswa sehingga dapat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Yuliana Ima
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:46
Last Modified: 11 Sep 2025 03:46
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1877

Actions (login required)

View Item
View Item