ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS IT TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN DKV SMK NEGERI 1 SEPAUK TAHUN AJARAN 2024/2025

Ayu, Saviri (2025) ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS IT TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN DKV SMK NEGERI 1 SEPAUK TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_210409081_COVER.pdf] Text
PBI_210409081_COVER.pdf

Download (758kB)
[thumbnail of PBI_210409081_BAB 1.pdf] Text
PBI_210409081_BAB 1.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of PBI_210409081_BAB 2.pdf] Text
PBI_210409081_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[thumbnail of PBI_210409081_BAB 3.pdf] Text
PBI_210409081_BAB 3.pdf

Download (690kB)
[thumbnail of PBI_210409081_BAB 4.pdf] Text
PBI_210409081_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[thumbnail of PBI_210409081_BAB 5.pdf] Text
PBI_210409081_BAB 5.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of PBI_210409081_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_210409081_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ayu Savirì. 2025. Analisis Pengaruh Pembelajaran Berbasis IT Terhadap Kemampuan Literasi Digital Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produktif Kompetensi Keahlian DKV SMK Negeri 1 Sepauk Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Komputer STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1: Yasinta Lisa, S.Si., M.Cs. Pembimbing 2: Anyan M.Kom Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis IT, Literasi Digital, Desain Komunikasi Visual, Pendidikan Vokasional Penelitian ini dilatar belakangi Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak lepas dari pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. untuk mengetahui bagaimana Pengaruh penggunaan Pembelajaran Berbasis IT Terhadap Kemampuan Literasi Digital Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Negeri 1 Sepauk. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan pendekatan Sequential Explanatory. Instrumen penelitian berupa lembar Angket, lembar Observasi dan lembar Wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Pembelajaran Berbasis IT tergolong pada kategori cukup pada mata pelajaran Dasar-Dasar DKV dengan nilai rata-rata sebesar 52,93 dan mata pelajaran Kosentrasi Keahlian DKV nilai rata-rata sebesar 68,17 pada kategori baik, dengan nilai rata rata keseluruhan sebesar 60,55 pada kategori baik. Kemampuan Literasi Digital perserta didik berkategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 51,16 Hasil uji regresi menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara pembelajaran berbasis IT terhadap kemampuan Literasi Digital, dengan nilai signifikansi pada mata pelajaran Dasar-Dasar DKV sebesar 0,041 dan pada mata pelajaran Kosentrasi Keahlian DKV sebesar 0,038 dan keseluruhan dengan nilai 0,037 (a <0,05). Hasil Observasi proses pembelajaran berbasis IT menunjukan Penerapan pembelajaran IT di lakukan Guru dan siswa melalui Multimedia Interaktif, Canva, CorelDRAW dan Classroom. Simpulan bahwa Pembelajaran Berbasis IT berpengaruh terhadap Kemampuan Literasi Digital peserta didik pada mata Pelajaran Produktif Kompentensi Keahlian DKV . Harapannya, siswa SMK Negeri 1 Sepauk tidak hanya memiliki keterampilan teknis tetapi juga Etika dan kesadaran Digital yang matang untuk memasuki dunia kerja, Teknologi Informasi (IT) berkembang sangat pesat dalam dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ayu Saviri
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:46
Last Modified: 11 Sep 2025 03:46
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1874

Actions (login required)

View Item
View Item