Rupina, Rani (2024) DAMPAK PENDAMPINGAN ORANG TUA PADA JAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ( STUDI KASUS SISWA “ W ” DI TK A KARTIKA XVII-17 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024 ). Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_200408130_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408130_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_200408130_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408130_BAB 1.pdf
Download (947kB)
![[thumbnail of PBI_200408130_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408130_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (557kB)
![[thumbnail of PBI_200408130_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408130_BAB 3.pdf
Download (543kB)
![[thumbnail of PBI_200408130_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408130_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (762kB)
![[thumbnail of PBI_200408130_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408130_BAB 5.pdf
Download (417kB)
![[thumbnail of PBI_200408130_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408130_LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Rupina Rani. 2024, Dampak Pendampingan Orang Tua Pada Jam Pembelajaran Di Sekolah (Studi Kasus Siswa “W” Di TK A Kartika XVII-17 Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024). Skripsi. Program Studi PG-PAUD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Adpriyadi, M.Pd., Pembimbing II: Fransiska,S.Psi., M.Pd. Kata Kunci: bentuk pendampingan, faktor pendampingan dan dampak pendampingan. Penelitian ini dilatar belakangi dampak pendampingan orang tua pada jam pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan: 1) Bentuk pendampingan orang tua pada jam pembelajaran di sekolah TK A Kartika XVII-17 Sintang. 2) faktor pendampingan orang tua pada jam pembelajaran di sekolah TK A Kartika XVII-17 Sintang. 3) Dampak pendampingan orang tua pada jam pembelajaran di sekolah TK A Kartika XVII-17 Sintang. Subjek penelitian berjumlah 3 orang yang terdiri dari 1 anak, 1 orang tua dan 1 guru kelas. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan bentuk studi kasus. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan Milles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) bentuk-bentuk pendampingan orang tua pada jam pembelajaran di sekolah TK A Kartika XVII-17 Sintang berdasarkan 2 indikator yaitu menyediakan fasilitas dan menolong anak mengatasi kesulitan. Menyediakan fasilitas tampak pada kegiatan menyediakan bekal anak dan membantu anak menyediakan peralatan belajarnya. Menolong anak mengatasi kesulitan tampak dalam kegiatan membantu anak menulis dan mendampingi anak mewarnai. 2) Faktor yang mempengaruhi orang tua mendampingi anak belajar di sekolah TK A Kartika XVII-17 Sintang maka ada 1 indikaror yaitu faktor eksternal (pola asuh keluarga). Pola asuh keluarga tampak pada kegiatan membiasakan melakukan hal-hal yang positif, memberi contoh yang baik dan mengajarkan anak bersikap sopan. 3) dampak pendampingan orang tua pada jam pembelajaran di sekolah TK A Kartika XVII-17 Sintang berdasarkan ada 1 indikator yang muncul yaitu dampak negatif berupa anak menjadi manja dan ketergantungan. Anak menjadi manja tampak pada kegiatan anak dibantu membereskan atau merapikan peralatan belajarnya dan anak menjadi ketergantungan tampak pada kegiatan anak tidak diikuti apa yang dia mau atau inginkan. Kesimpulan dari dampak pendampingan orang tua pada jam pembelajaran di sekolah dapat mengakibatkan dampak positif dan negatif bagi anak, dampak positif orang tua dapat melihat cara anak bersosialisai dengan temannya sedangkan dampak negatifnya anak menjadi ketergantungan dan manja dengan orang tuanya. Harapan dari peneliti kedepannya penelitian ini dapat bermanfaat, memberikan pengertian serta pemahaman dan wawasan juga referensi kepada siswa, orang tua, sekolah, STKIP Persada Khatulistiwa dan peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 02:07 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 02:07 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1841 |