Juraini, Prastika (2024) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN PADA TK A DI PAUD CEMPAKA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_200408108_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408108_COVER.pdf
Download (492kB)
![[thumbnail of PBI_200408108_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408108_BAB 1.pdf
Download (198kB)
![[thumbnail of PBI_200408108_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408108_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (235kB)
![[thumbnail of PBI_200408108_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408108_BAB 3.pdf
Download (371kB)
![[thumbnail of PBI_200408108_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408108_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (413kB)
![[thumbnail of PBI_200408108_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408108_BAB 5.pdf
Download (175kB)
![[thumbnail of PBI_200408108_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408108_LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Juraini Prastika. 2024.“Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan pada Kelas TK A Di PAUD Cempaka Tahun Pelajaran 2023/2024.” Skripsi : Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Suryameng, M.Pd, Pembimbing II : Sudarto, M.Pd Kata kunci : Perkembangan Bahasa, Bercerita, Boneka Tangan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan perkembangan bahasa anak melalui metode bercerita dengan boneka tangan pada kelas TK A di PAUD Cempaka tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Model yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, yang meliputi tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 9 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data data yaitu lembar obser vasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh : penerapan metode bercerita dengan boneka tangan pada siklus I memperoleh persentase sebesar 74,99%, dan pada siklus II memperoleh persentase 95,83%, peningkatan dari siklus I ke siklus II jika di persentasekan sebesar 20,84%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, perkembangan bahasa anak mencapai rata-rata 75,44%, dengan 5 anak (55,55%) mencapai kriteria keberhasilan dan 4 anak belum mencapai kriteria tersebut. Pada siklus II, rata-rata meningkat menjadi 90%, dengan 8 anak (88,88%) mencapai kriteria keberhasilan, dan 1 anak masih dalam kategori mulai berkembang. Peningkatan nilai rata – rata siswa dari siklus I ke siklus II jika dipersentasekan sebesar 15,56%. Perkembangan bahasa anak sudah optimal, dan siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan boneka tangan, menyatakan senang, seru, dan menjadi lebih aktif karena metode ini menarik perhatian mereka. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak pada kelas TK A di PAUD Cempaka.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 02:06 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 02:06 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1825 |