Dwi Putri, Ramadhani (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERORIENTASI DENGAN LITERASI NUMERASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 03 SEMITAU TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_2011061858_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2011061858_COVER.pdf
Download (750kB)
![[thumbnail of PBI_2011061858_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2011061858_BAB 1.pdf
Download (235kB)
![[thumbnail of PBI_2011061858_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2011061858_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (223kB)
![[thumbnail of PBI_2011061858_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2011061858_BAB 3.pdf
Download (337kB)
![[thumbnail of PBI_2011061858_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2011061858_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (255kB)
![[thumbnail of PBI_2011061858_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2011061858_BAB 5.pdf
Download (100kB)
![[thumbnail of PBI_2011061858_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2011061858_LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Ramadhani, Dwi Putri. 2024. Pengaruh Pembelajaran Berorientasi Dengan Literasi Numerasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri 03 Semitau Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Imanuel Sairo Awang, S.Si., M.Pd., Pembimbing II: Olenggius Jiran Dores, M.Pd. Kata kunci: Literasi, Numerasi, Berpikir Kritis Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan literasi siswa, yang berdampak pada kemampuan beripikir kritis siswa terutam pada pembelajaran matematika. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berorientasi dengan literasi numerasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan bentuk penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 03 Semitau yang berjumlah 82 siswa. Pengambilan Sampel ini menggunakan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VA yang berjumlah 15 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 15 sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, soal tes, angket.. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji F pada pengukuran akhir (posttest) kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh (Sig) 0,000 < 0,05. Sehingga, H0 ditolak maka Ha diterima,artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada pengukuran akhir (post-test) antara kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh pembelajaran berorientasi dengan literasi numerasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 03 Semitau Tahun Ajaran 2024/2025. Hasil penelitian diharapkan dapat berguna untuk meningkatkan wawasan tentang literasi numerasi terhadap kemampuan berpikir kritis di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 01:40 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 01:40 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1802 |