A N A LI S I S A KT I VI TA S B EL A JA R P E SE R TA DI DI K DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPAS KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SDN 12 JERORA SINTANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Elsi, Gracella (2025) A N A LI S I S A KT I VI TA S B EL A JA R P E SE R TA DI DI K DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPAS KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SDN 12 JERORA SINTANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_2011061890_COVER.pdf] Text
PBI_2011061890_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_2011061890_BAB 1.pdf] Text
PBI_2011061890_BAB 1.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of PBI_2011061890_BAB 2.pdf] Text
PBI_2011061890_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[thumbnail of PBI_2011061890_BAB 3.pdf] Text
PBI_2011061890_BAB 3.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of PBI_2011061890_BAB 4.pdf] Text
PBI_2011061890_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[thumbnail of PBI_2011061890_BAB 5.pdf] Text
PBI_2011061890_BAB 5.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of PBI_2011061890_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_2011061890_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Elsi Gracella, 2024. Analisis aktivitas belajar peserta didik dengan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPAS kurikulum merdeka. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Didin Syafruddin, SP., M.Si. Pembimbing II: Sudarto, M.P Kata kunci : aktivitas belajar; pendekatan saintifik; pembelajaran IPAS Penelitian ini dilatar belakangi oleh Aktivitas penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka kelas IV SDN 12 Jerora Sintang, (2) mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dengan penerapan pendekatan saintifik di kelas IV SDN 12 Jerora Sintang pada mata pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka, (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran sehingga aktivitas belajar peserta didik menjadi ideal, (4) mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajar dengan menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 12 Jerora Sintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) Pendekatan saintifik pernah digunakan di kelas IV B SDN 12 Jerora dalam pembelajaran IPAS, (2) Aktivitas belajar di kelas IV B SDN 12 Jerora menunjukkan bahwa siswa terlibat secara menyeluruh dalam enam aspek aktivitas belajar, (3) Untuk meningkatkan aktivitas belajar, guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran, (4) Berdasarkan hasil observasi dan ditemukan siswa menunjukkan respon positif dalam aspek pembelajaran. Pendekatan saintifik pernah digunakan di kelas IV B SDN 12 Jerora dalam pembelajaran IPAS pendekatan saintifik dikaitkan juga dengan kehidupan dan budaya dari masing-masing siswa. Aktivitas belajar di kelas IV B SDN 12 Jerora menunjukkan bahwa siswa terlibat secara menyeluruh dalam enam aspek aktivitas belajar yang ideal: visual, mental, listening, oral, fisik, dan emosional. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada 30 Mei 2024, ditemukan bahwa siswa menunjukkan respon positif dalam berbagai aspek pembelajara. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar peserta didik dengan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPAS kurikulum merdeka memberikan dampak positif terhadap aktivitas belajar peserta didik, pendekatan ini juga mendukung terciptanya pembelajaran kontekstual. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran IPAS yang berbasis saintifik serta dapat terus mendorong peserta didik untuk lebih percaya diri dalam mengeksplorasi ilmupengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 23 Aug 2025 01:41
Last Modified: 23 Aug 2025 01:41
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1799

Actions (login required)

View Item
View Item