Aloisius, Dendi (2025) PENGARUH PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO RIZKA SINTANG. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1915031215_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1915031215_COVER.pdf
Download (565kB)
![[thumbnail of PBI_1915031215_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1915031215_BAB 1.pdf
Download (214kB)
![[thumbnail of PBI_1915031215_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1915031215_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (231kB)
![[thumbnail of PBI_1915031215_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1915031215_BAB 3.pdf
Download (406kB)
![[thumbnail of PBI_1915031215_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1915031215_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (247kB)
![[thumbnail of PBI_1915031215_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1915031215_BAB 5.pdf
Download (7kB)
![[thumbnail of PBI_1915031215_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1915031215_LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Aloisius Dendi. 2024, Pengaruh Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Rizka Sintang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I. Anna Marganingsih, S.,E. M.Pd. Pembimbing II. Avelius Dominggus Sore, SE, M.Pd. Kata Kunci: Promosi, Keputusan Pembelian, Strategi Pemasaran Penelitian ini dilatar belakangi masalah pada promotion yang di alami konsumen di Toko Rizka Sintang, maka teridentifikasi pula permasalahan lain apakah konsumen merasa terpenuhi hak-haknya ketika melakukan kegiatan pembelian di Toko Rizka Sintang. Penelitian ini bertujuan untuk memahami sejauh mana promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen diToko Rizka Sintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan desain korelasional, penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 73 responden yang dipilih menggunakan teknik insidental sampling. Data dikumpulkan melalui angket berbasis skala Likert yang mengukur efektivitas promosi berdasarkan empat indikator utama (periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan, dan hubungan masyarakat) serta keputusan pembelian berdasarkan lima indikator (pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian). Hasil analisis menunjukkan bahwa promosi memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien korelasi Pearson sebesar 0,528 dan nilai signifikansi 0,000. Analisis regresi linear sederhana mengungkap bahwa setiap peningkatan satu unit pada promosi dapat meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0,689 unit. Selain itu, nilai R Square sebesar 0,279 menunjukkan bahwa 27,9% variasi dalam keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh promosi, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam studi ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi promosi yang tepat dapat berkontribusi dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Untuk itu, pemilik Toko Rizka Sintang disarankan untuk mengoptimalkan strategi promosi guna menarik lebih banyak pelanggan dan membangun loyalitas jangka panjang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 01:58 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 01:58 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1788 |