Priana, Udun (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI SMA NEGERI 01 SUNGAI TEBELIAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1915031234_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1915031234_COVER.pdf
Download (539kB)
![[thumbnail of PBI_1915031234_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1915031234_BAB 1.pdf
Download (258kB)
![[thumbnail of PBI_1915031234_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1915031234_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (326kB)
![[thumbnail of PBI_1915031234_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1915031234_BAB 3.pdf
Download (516kB)
![[thumbnail of PBI_1915031234_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1915031234_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (381kB)
![[thumbnail of PBI_1915031234_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1915031234_BAB 5.pdf
Download (296kB)
![[thumbnail of PBI_1915031234_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1915031234_LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Priana Udun. 2024, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Menggunakan Problem Base Learning Tahun Pelajaran 2024/2025”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Dessy Triana Relita, M.Pd., Pembimbing II : Avelius Dominggus Sore, SE M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pembelajaran Ekonomi Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa terutama pada pembelajaran ekonomi sehingga perlu adanya solusi untuk mengatasinya salah satunya dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem base learning di kelas XI SMA Negeri 01 Sungai Tebelian tahun pelajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 27 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar soal tes, pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitaian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata sebesar 74%, siklus II dengan rata-rata 78,25% dengan kriteria sangat baik, sedangkan aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 74% meningkat pada siklus II dengan rata-rata sebesar 78,25 dengan kriteria sangat baik. Perhitungan hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 74 dengan ketuntasan klasikal sebesar 66,66% sedangkan hasil belajar siklus II diperoleh nilai rata-rata 78,25 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,88%.Hasil wawancara siswa dan guru diperoleh jawaban yang positif mendukung penggunaan model problem based learning tersebut. Harapan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 01:51 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 01:52 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1777 |