Wanda, dewi (2025) KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA SISWA KELAS VII SMP NUSANTARA INDAH SINTANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBSI_2117041562_Chapter 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041562_Chapter 1.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of PBSI_2117041562_Chapter 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041562_Chapter 3.pdf
Download (39kB)
![[thumbnail of PBSI_2117041562_Chapter 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041562_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (320kB)
![[thumbnail of PBSI_2117041562_Chapter 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041562_Chapter 5.pdf
Download (151kB)
![[thumbnail of PBSI_2117041562_BA_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041562_BA_TA.pdf
Download (812kB)
![[thumbnail of PBSI_2117041562_BAS.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041562_BAS.pdf
Download (843kB)
![[thumbnail of PBSI_2117041562_Appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041562_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of PBSI_2117041562_SKU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041562_SKU_TA.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBSI_2117041562_Title.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041562_Title.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBSI_2117041562_US_UT.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041562_US_UT.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBSI_2117041562_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041562_TA.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBSI_2117041562_Chapter 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041562_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Wanda Riska Dewi 2025, Kemampuan Menulis Surat Pribadi pada Siswa Kelas
VII SMP Nusantara Indah Sintang Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program
Studi Pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Persada Khatulistiwa
Sintang. Pembimbing 1: Sri Astuti, S.S., M.Pd Pembimbing 2: Debora Korining
Tyas, M.Pd.
Kata Kunci: Menulis, Surat Pribadi, SMP Nusantara Indah
Kemampuan menulis surat pribadi merupakan salah satu keterampilan menulis
yang penting dikuasai oleh siswa, terutama di jenjang SMP. Surat pribadi tidak
hanya digunakan untuk berkomunikasi secara informal, tetapi juga menjadi media
untuk melatih kemampuan mengungkapkan gagasan, pikiran dan perasaan. Tujuan
penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas
VII SMP Nusantara Indah Sintang tahun Pelajaran 2024/2025 (2) mengetahui
kendala yang dihadapi siswa kelas VII SMP Nusantara Indah Sintang dalam
menulis surat pribadi dan (3) mengetahui usaha yang dilakukan guru untuk
mengatasi kendala kemampuan menulis surat pribadi. Metode penelitian
menggunakan metode kualitatif deskriptif. Alat pengumpulan data lembar
observasi, lembar wawancara, lembar tes dan dokumen. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi ditinjau dari
keseluruhan aspek adalah termasuk dalam kategori cukup berdasarkan nilai tes
menulis surat pribadi yang diberikan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Aspek ketepatan isi surat tergolong pada kategori baik, aspek kelengkapan unsur
surat tergolong pada kategori cukup, aspek ketepatan pilihan kata tergolong pada
kategori cukup, aspek ejaan dan tanda baca tergolong pada kategori cukup.
Berdasarkan hasil pembahasa, dapat disimpulkan bahwa siswa masih perlu
ditingkatkan dalam aspek struktur penulisan, pilihan bahasa, penggunaan tanda
baca, serta penulisan salam pembuka dan penutup. Dengan demikian, diperlukan
peran aktif dari guru, siswa, dan pihak sekolah untuk mendukung peningkatan
kemampuan menulis melalui strategi pembelajaran yang tepat dan kegiatan literasi
yang berkelanjutan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dalam
memperbaiki Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia, Khususnya dalam materi
Surat Pribadi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Wanda Riska Dewi |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 01:46 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 01:46 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1743 |