SAPRIANA, YUNTI PARIANA (2021) META-ANALISIS HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL). Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of Biologi_1612051377_tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051377_tittle.pdf
Download (641kB)
![[thumbnail of Biologi_1612051377_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051377_chapter1.pdf
Download (239kB)
![[thumbnail of Biologi_1612051377_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051377_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (277kB)
![[thumbnail of Biologi_1612051377_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051377_chapter3.pdf
Download (451kB)
![[thumbnail of Biologi_1612051377_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051377_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (205kB)
![[thumbnail of Biologi_1612051377_chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051377_chapter5.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of Biologi_1612051377_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051377_appendix.pdf
Download (288kB)
Abstract
Pariana Yunti. S. 2022. Meta-Analisis Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi Melalui Problem Based Learning. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Hendrikus Julung, M.Pd. Pembimbing II: F.R.Esti Wahyuni,S.Si,M.Pd.
Kata kunci: Meta-Analisis, Problem Based Learning , Hasil Belajar. Pembelajaran biologi menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung. Oleh karena itu, siswa perlu dibimbing untuk mengembangkan sejumlah keterampilan proses agar mereka mampu mengkaji dan memahami alam sekitar. Berdasarkan permasalahan yang telah di jelaskan, peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian tentang Meta- Analisis Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi Melalui Problem Based Learning “ Tujuan dari penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh effectivitas pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran biologi. Problem Based Learning adalah pembelajaran berbasis masalah adalah metode mengajar dengan fokus pemecahan masalah yang nyata, proses dimana peserta didik melaksanakan kerja kelompok, umpan balik, diskusi yang dapat berfungsi sebagai batu loncatan untuk investigasi dan penyelidikan dan laporan akhir. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskritif Kuantitatif. Dengan metode meta-analisis. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 10 artikel dan skripsi publikasi ilmiah.Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar kode (Coding) teknik dokumentasi dengan kategori pada artikel skripsi publikasi ilmiah. Hasil penelitian ini berdasarkan jenjang pendidikan tingkat SMP 0,07 dengan kategori effect Rendah dan pada pendidikan jenjang SMA 0,34 dengan kategori effect Tinggi . Berdasarkan hasil perhitungan effect size hasil belajar secara keseluruhan 0,19 dengan kategori effect Sedang Kesimpulan berdasarkan penelitian yang dianalisis bahwa Problem Based Learning memiliki effect yang tinggi pada jenjang SMA. Saran dapat bermanfaat bagi guru dan bagi pembaca lainnya dalam menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 07:19 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 07:20 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1291 |