PENYESUAIAN DIRI GURU DAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU ANAK (STUDI KASUS ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER BERINISIAL “JF”) DI TK PELITA SEMITAU HILIR TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Fansiska, Riska (2024) PENYESUAIAN DIRI GURU DAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU ANAK (STUDI KASUS ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER BERINISIAL “JF”) DI TK PELITA SEMITAU HILIR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.

[thumbnail of PG PAUD_200408103_Tittle.pdf] Text
PG PAUD_200408103_Tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PG PAUD_200408103_chapter1.pdf] Text
PG PAUD_200408103_chapter1.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of PG PAUD_200408103_chapter2.pdf] Text
PG PAUD_200408103_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[thumbnail of PG PAUD_200408103_chapter3.pdf] Text
PG PAUD_200408103_chapter3.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of PG PAUD_200408103_chapter4.pdf] Text
PG PAUD_200408103_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[thumbnail of PG PAUD_200408103_chapter5.pdf] Text
PG PAUD_200408103_chapter5.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of PG PAUD_200408103_appendix.pdf] Text
PG PAUD_200408103_appendix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fransiska Riska. 2024. Penyesuaian Diri Guru Dan Orang Tua Terhadap Perilaku Anak (Studi Kasus Anak Autism Spectrum Disorder Berinisial “Jf”) Di Tk Pelita Semitau Hilir Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Yohanes Berkhmas Mulyadi, S.Fil.,M.Psi. Pembimbing II: Suryameng, M.Pd. Kata Kunci: Penyesuaian Guru Dan Orang Tua, Perilaku Anak Autis Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya memahami bagaimana guru dan orang tua menyesuaikan diri terhadap perilaku anak dengan gangguan Autis. Hal ini dapat memberikan informasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengasuhan bagi anak-anak dengan Autis Spectrum Disorder atau anak berkebutuhan khusus lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyesuaian diri guru dan orang tua terhadap perilaku anak Autis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan orang tua dapat melakukan penyesuaian diri terhadap perilaku anak autism spectrum disorder dengan mengacu pada beberapa aspek, yaitu: 1) Aspek proses penyesuaian diri: Kematangan emosi, kematangan intelektual, dan kematangan sosial, 2) Aspek faktor pendukung: Faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sosial, dan faktor lingkungan sekolah, 3) Aspek faktor penghambat: Kondisi anak yang mudah menangis dan kondisi Anak yang hiperaktif. Selain itu, guru dan orang tua juga melakukan beberapa upaya untuk dapat menyesuaikan diri terhadap perilaku anak autism spectrum disorder, yaitu: Menerima kondisi anak dengan autism spectrum disorder sebagai anugerah dari Tuhan yang harus disyukuri. Memberikan terapi dan pengobatan yang sesuai untuk mendukung perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 09 Jun 2025 02:59
Last Modified: 09 Jun 2025 02:59
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1258

Actions (login required)

View Item
View Item