KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TK DALAM PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PADA PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS B (STUDI KASUS DI TK BETHEL SUNGAI SAWAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021)

Vita, Sari (2024) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TK DALAM PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PADA PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS B (STUDI KASUS DI TK BETHEL SUNGAI SAWAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021). Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_200408135_COVER.pdf] Text
PBI_200408135_COVER.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of PBI_200408135_BAB 1.pdf] Text
PBI_200408135_BAB 1.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of PBI_200408135_BAB 2.pdf] Text
PBI_200408135_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[thumbnail of PBI_200408135_BAB 3.pdf] Text
PBI_200408135_BAB 3.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of PBI_200408135_BAB 4.pdf] Text
PBI_200408135_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[thumbnail of PBI_200408135_BAB 5.pdf] Text
PBI_200408135_BAB 5.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of PBI_200408135_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_200408135_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Vitasari. 2024. Peran Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Anak Berhitung Angka 110 di PAUD Taman Getsmani kelompok A tahun
pelajarn 2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Pembimbing 1: Adpriyadi, M.Pd Pembimbing II. Yohanes B.M, S.Fil.,M.Psi Kata Kunci: Kemampuan, Berhitung, Peran, Pendukung, Penghambat Kemampuan berhitung pada anak usia dini sering kali menghadapi tantangan, seperti kurangnya stimulasi yang tepat. Peran guru sangat penting dalam mengatasi hal ini melalui strategi pembelajaran yang kreatif dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peran guru dalam
menstimulasi kemampuan berhitung anak usia dini; 2) Faktor pendukung yang mempengaruhi stimulasi tersebut; 3) Hambatan yang dihadapi guru; dan 4) Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam menstimulasi kemampuan
berhitung anak pada angka 1-10. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran guru sangat penting dalam menstimulus kemampuan berhitung anak. Guru
menggunakan berbagai metode pembelajaran yang interaktif dan kreatif, serta menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. 2) Faktor pendukung meliputi penggunaan media pembelajaran yang menarik, pendekatan pengajaran yang kreatif, dan lingkungan belajar yang kondusif. 3) Faktor penghambat seperti
kurangnya perhatian anak selama pembelajaran, keterbatasan sumber daya, dan perbedaan gaya belajar anak. 4) Untuk mengatasi hambatan tersebut, guru melakukan berbagai upaya seperti penggunaan media pembelajaran yang inovatif,
memberikan motivasi dan umpan balik yang konstruktif, serta mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Guru juga berkolaborasi dengan orang tua untuk mendukung proses belajar anak di rumah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran guru, faktor pendukung, dan upaya yang dilakukan sangat
berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak pada angka 1-10. Dengan mengatasi faktor penghambat dan terus mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif, guru dapat memastikan bahwa anak-anak memiliki dasar yang kuat dalam kemampuan berhitung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:08
Last Modified: 21 Oct 2025 07:08
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2487

Actions (login required)

View Item
View Item