Teresia, Delawati (2023) PERAN GURU DALAM MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI (STUDI KASUS PADA SISWA “ A “ KELAS B DI TK KARTINI NANGA TEMPUNAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024). Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_190308041_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308041_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_190308041_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308041_BAB 1.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of PBI_190308041_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308041_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (185kB)
![[thumbnail of PBI_190308041_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308041_BAB 3.pdf
Download (169kB)
![[thumbnail of PBI_190308041_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308041_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (512kB)
![[thumbnail of PBI_190308041_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308041_BAB 5.pdf
Download (129kB)
![[thumbnail of PBI_190308041_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308041_LAMPIRAN.pdf
Download (4MB)
Abstract
Teresia Delawati. 2023, Peran Guru dalam Membangun Rasa Percaya Diri (Studi Kasus pada Siswa “A“ Kelas B di TK Kartini Nanga Tempunak Tahun Pelajaran 2023/2024). Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Fransiska, S.Psi., M.Pd., Pembimbing II: Sarayati, M.Pd. Kata kunci: Percaya diri, Guru, Siswa
Penelitian ini dilatar belakangi terdapat seorang siswa yang kurang memiliki rasa percaya diri. Hal ini tampak ketika guru memberikan aktifitas yang bersifat individu seperti tampil bernyanyi di depan kelas, mengerjakan soal di papan tulis, dan pada saat tanya jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Peran guru dalam membangun rasa percaya diri siswa “A”; 2) Faktor yang
mempengaruhi rasa percaya diri siswa “A”; 3) Upaya guru dalam membangun rasa percaya diri siswa “A”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa; 1)
Peran guru dalam membangun rasa percaya diri siswa “A” yaitu guru berperan sebagai pembimbing, motivator, inisiator, fasilitator dan evaluator; 2) Faktor yang mempengaruhi rasa percaya diri siswa “A” yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi konsep diri, harga diri, kondisi fisik dan pengalaman hidup. Sedangkan faktor eksternal meliputi pendidikan dan
lingkungan; 3) Upaya guru dalam membangun rasa percaya diri siswa “A” dilakukan dengan menanamkan kemampuan pada diri siswa, mendorong siswa menunjukkan sikap konfirmis (kenyamanan), mendidik siswa supaya berani menerima dan menghadapi penolakan orang lain, menanamkan pengendalian diri yang baik, membimbing dalam menumbuhkan pribadi siswa yang memiliki internal locus of control dan menumbuhkan cara pandang positif siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:14 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 07:14 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2483 |